BHR Gelar Rukyatul Hilal Kamis 14 Juni 2018

Badan Hisab Rukyat (BHR) yang diketuai kakanwil kemenag Provinsi Lampung akan melaksanakan rukyatul hilal pada Kamis, 14 Juni 2018.

BHR Gelar Rukyatul Hilal Kamis 14 Juni 2018
Tribun Lampung/Dedi
Tim dari Badan Hisab dan Rukyat Kantor Kementerian Agama Provinsi Lampung menggelar rukyatul hilal di pos observasi di Desa Canti Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan pada Selasa (16/6/2015). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Hisab Rukyat (BHR) yang diketuai kakanwil kemenag Provinsi Lampung akan melaksanakan rukyatul hilal pada Kamis, 14 Juni 2018, dimana Provinsi Lampung akan melaksanakan rukyatul hilal di beberapa titik lokasi.

Untuk pemerintah perhitungan penetapan 1 Syawal dilakukan berdasarkan dua cara yaitu secara hisab (hitungan) dan juga rukyatul hilal (melihat bulan).

"Hasil dari pantauan tersebut nanti akan dikirim ke pusat sebagai sidang isbath," terang Kasubbag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Istutiningsih, Selasa (12/6).

Baca: Lebaran Idul Fitri Jatuh di Hari Jumat, NU-Muhammadiyah Kemungkinan Sama

Titik-titik pelaksanaan rukyatul hilal di wilayah Provinsi Lampung tersebar di antaranya wilayah Kalianda, Desa Raja Basa di Pulau Cantik, Lampung Selatan (Lamsel).

Kemudian, di Lampung Barat (Lambar) di Lemong, Pesisir Barat (Pesibar) di Desa Jukung. "Untuk di daerah, akan dilakukan masing-masing BHR di daerah, dan juga kampus Itera melaksakan rukyat tersebut," terangnya.

Baca: Ini Dia 5 Inspirasi Dresscode untuk Lebaran Berkesan

Menurutnya, untuk menentukan dan mengumumkan kapan datangnya awal bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijah, pemerintah melalui Kementerian Agama RI terlebih dulu melakukan proses yang biasa disebut Sidang Isbath.

Sidang Isbath adalah kegiatan sidang yang diadakan pada tanggal 29 bulan Hijriah tertentu menjelang Ramadan, Syawal, Dzulhijjah dengan tujuan menetapkan tibanya awal bulan-bulan tersebut berdasarkan laporan rukyat dari Badan Hisab Rakyat (BHR) seluruh wilayah Indonesia.

"Menteri Agama mengambil keputusan melalui sidang Isbath (penetapan) atas persetujuan peserta sidang yang dihadiri oleh anggota BHR, perwakilan MUI, perwakilan ormas-ormas Islam, para pakar terkait, dan perwakilan negara-negara Islam. Jadi, penentuannya itu pada saat pelaksanaan sidang isbath tersebut," paparnya.(eka)

Tags
BHR
Hilal
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help