Daging Sapi Tembus Rp 130 Ribu/Kg

Harga daging sapi di pasar tradisional di Bandar Lampung terus merangkak naik mendekati Lebaran.

Daging Sapi Tembus Rp 130 Ribu/Kg
Tribun Lampung/Eka Ahmad Sholichin
Seorang warga berbelanja sayuran di Pasar Tamin, Bandar Lampung, Senin (11/6/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG EKA AHMAD SHOLICHIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Harga daging sapi di pasar tradisional di Bandar Lampung terus merangkak naik mendekati Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Dari Rp 110 ribu menjadi Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per kilogram.

"Dua hari ini, harga daging sapi Rp 120 ribu sampai 130 ribu per kg. Ada banyak permintaan daging sapi potong di pasaran mendekati Lebaran," ujar Iwan (52), pedagang daging sapi dan ayam di Pasar Tamin, Senin (11/6/2018).

Banyaknya permintaan konsumen membuat stok daging sapi pedagang selalu habis setiap hari.

"Hari-hari biasa, bisa jual 3 kg. Tapi saat momen seperti ini, bisa 40 kg dalam sehari. Bahkan bisa 100-150 kg (1 ekor sapi) sampai H-1 Lebaran nanti," kata Iwan.

Prediksinya, harga daging sapi akan melonjak hingga Rp 140 ribu per kg pada H-2 Lebaran, Rabu (13/6/2018) besok. Ini lantaran stok akan semakin menipis.

"Yang ambil stok daging bukan cuma partai kecil, tapi juga partai besar dengan jumlah banyak. Tahun kemarin saja, saya bisa habis 150 kg sampai H-1 Lebaran," tutur Iwan.

Sementara harga ayam potong malah mengalami penurunan dari Rp 45 ribu menjadi Rp 42 ribu per kg. Ini karena permintaan ayam potong sudah mulai berkurang.

Iwan mengungkapkan, permintaan ayam potong biasanya ramai lagi sesudah Lebaran, khususnya saat momen banyaknya acara pernikahan.

"Nanti ramai lagi pas musim nikahan. Bisa habis 100 ekor per hari. Kemungkinan nanti setelah Lebaran, pas banyak hajatan," ujar Iwan yang memasok daging dari Kotabumi dan Kalianda.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved