Gawat, 10 Orang Warga Kelurahan Perwata Terserang DBD

Sebanyak kurang lebih 10 orang warga Kelurahan Perwata, Kecamatan Telukbetung Timur terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Gawat, 10 Orang Warga Kelurahan Perwata Terserang DBD
TOTO SIHONO
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti dan DBD 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebanyak kurang lebih 10 orang warga Kelurahan Perwata, Kecamatan Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Pernyataan tersebut diungkapkan, Yani, salah seorang warga setempat saat dihubungi, Selasa (12/6).

"Ya sudah lebih 10 orang yang terkena DBD. Ada dua orang yang dirawat di Rumah Sakit (RS) A. Dadi Tjokrodipo dan satu orang di Puskemas Kota Karang," terangnya.

Baca: VIDEO - Cicipi Bakso Aci yang Lagi Ngehits, Bisa Diolah Sesuai Selera

Ia mengaku awalnya sudah menyampaikan kondisi tersebut berdasarkan surat dokter dari salah satu warga yang terserang DBD yang dirawat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Gedong Pakuan ke pihak Puskesmas Kota Karang.

Baca: Lebaran Idul Fitri Jatuh di Hari Jumat, NU-Muhammadiyah Kemungkinan Sama

"Ya kami waktu itu sudah laporan melalui pihak kelurahan dan minta disampaikan ke pihak puskesmas untuk dapat dilakukan fogging (pengasapan) tapi belum ada action waktu itu," ungkap Yani.

Akhirnya, Ia pun berinisiatif melaporkan kondisi tersebut melalui bantuan media agar dapat disampaikan kepada pihak instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung.

"Dan syukur Alhamdulilah setelah disampaikan lewat media akhirnya ada action dari pihak puskesmas untuk melakukan fogging di tempat kami. Saya dapat info dari warga kalau sudah dilakukan pengasapan dari pihak puskesmas," paparnya.

Menurutnya, penyebab pasti beberapa warga di tempat tinggalnya terserang penyakit DBD belum diketahui namun kemungkinan terkait dengan kebersihan lingkungan.

"Ya bisa saja karena kurang perhatian terhadap kebersihan lingkungan soalnya kan di sini banyak daun-daun berserakan. Bisa saja itu kan jadi tempat genangan air sehingga nyamuk penyebab DBD itu berkembang biak di genangan tersebut," tandasnya. (eka)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help