Panwaslu Lampung Utara Gelar Apel Siaga Pilkada Serentak 27 Juni 2018

Panwaslu Lampung Utara (Lampura) Gelar Apel Siaga Pilkada Serentak 27 Juni 2018

Panwaslu Lampung Utara Gelar Apel Siaga Pilkada Serentak 27 Juni 2018
tribun lampung/anung bayuardi
Panwaslu Lampung Utara Gelar Apel Siaga Pilkada Serentak 27 Juni 2018 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara melaksanakan sosialisasi sekaligus apel siaga, pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati, Minggu (24/6).

Hadir Tenaga Ahli Bidang Hukum Bawaslu Republik Sulistyo, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah dan sekretarisnya; Ketua Panwaslu Lampura Zainal Bachtiar dan komisioner lainnya;  Ketua KPU Lampura Marthon.

Kegiatan diikuti oleh 1.614 yang tergabung dalam panitia pengawas lapangan, panitia pengawas kecamatan.

Dalam pengarahannya, Fatikhatul Khoiriyah mengatakan sekitar tiga hari akan digelar pesta demokrasi di provinsi Lampung, selaku pengawas pemilu harus menyiapkan diri.

“Pengawas pemilu siap mengawasi pemilu pada 27 Juni 2018,” katanya.

Persiapan sekitar 10 bulan, mulai penyiapan logistik, ditutup dengan kampanye terakhir pada Sabtu 23 Juni. Setelah itu dilakukan patroli pengawasan terhadap pasangan calon agar tidak melakukan kampanye, sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2018.

Ada lima poin pengawasan yang harus diperhatikan, harus memastikan pengawas pencegahan tindakan terhadap potensi money politik, harus siaga jika dapat informasi, apabila ada pembagian uang atau materi

Ada empat paslon gubernur dan empat paslon bupati Lampura, dua paslon bupati Tanggamus, pastikan tidak politisasi birokrasi, tidak ada pelanggaran terhadap ASN.

“Tidak ada kampanye di luar jadwal, tidak ada yang tidak terdaftar dalam daftar mata pilih. Memastikan formulir C6 harus sampai kepada pemilih,” ujarnya.

Logistik H-1 harus sampai ke TPS, kondisi TPS harus terang.

Ia berharap agar pelaksanaan pemilihan dapat berjalan lancar, tanpa ada kendala. Kemudian apabila terjadi pengancaman, hendaknya segera dilaporkan kepada pihak berwajib, untuk segera ditindaklanjuti.

Penulis: anung bayuardi
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help