Bappeda Inventarisir 5 Industri Jadi Potensi Unggulan di Lampura, Apa Saja?

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menginventarisir 5 potensi industri di kabupaten Lampung Utara.

Bappeda Inventarisir 5 Industri Jadi Potensi Unggulan di Lampura, Apa Saja?
KOMPAS.com/ Junaedi
Ilustrasi sapi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menginventarisir 5 potensi industri di kabupaten Lampung Utara.

Kepala Bappeda Syahrizal Adhar mengatakan, setelah menggelar rapat bersama Staff Ahli dan 8 OPD berbagai potensi yang ada di bumi Ragem Tunas Lampung diajukan.
Dari hasil Rapat ada 5 Industri yang akan menjadi Potensi Unggulan.

Baca: Polres Way Kanan Sumbang 100 Kantong Darah Sambut Hari Bhayangkara ke-72

5 industri itu yakni, industri pakan ternak, pengolahan ternak, industri pengolahan pertanian, beras Siger dan etanol."Ada pertanian, peternakan, perkebunan perikanan di dalamnya. Bahkan kita juga menawarkan Kopi dan Lada untuk menjadi potensi unggulan,"ujarnya, Minggu (1/7).

Baca: Panas atau Hujan? Cek Prakiraan Cuaca di Awal Bulan Juli

Dijelaskannya, hasil ajuan-ajuan Industri unggulan dari 8 OPD ini nantinya akan dijadikan satu di Provinsi Lampung.

Sehingga nantinya Industri unggulan yang terpilih dari Lampura akan masuk dalam Potensi dan Peluang Infestasi Provinsi Lampung.

"Nanti akan kita pilih mana yang akan kita ambil. Apakah pertanian, peternakan atau perkebunan, sehingga nanti ada sentuhan dari Provinsi Lampung dengan memasukkan Investor di Lampura,"tuturnya.

Dengan harapan kedepan ini mampu menjadi peluang untuk Pemerintah Kabupaten Lampura. Tidak hanya Potensi yang dimunculkan dalam hal ini, tetapi peluang Infestasinya juga harus diperhatikan.

Mengingat bahan baku yang dimiliki Kabupaten Lampura sangat banyak. Mulai dari daun singkong, yang bisa dipergunakan untuk pakan ternak ulat sutra.

"Kalau kita bisa mengembangkan ulat sutra di Lampura tentunya itu bisa menjadi peluang untuk kita. Lampura bisa menjadi salah satu daerah penghasil kain sutra. Karena dari hasil penelitian jika ulat sutra makan daun singkong itu sutra yang dihasilkan akan lebih bagus dari produk di cina," ujarnya.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved