Daftar SMP Wajib Bawa KK, Penerimaan PDB Pakai Sistim Zonasi

Pemkab Pringsewu mewajibkan calon siswa yang mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP, menunjukkan kartu keluarga (KK),

Daftar SMP Wajib Bawa KK, Penerimaan PDB Pakai Sistim Zonasi
Tribun Lampung/Wakos Gautama
ILUSTRASI 

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Pringsewu mewajibkan calon siswa yang mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP, menunjukkan kartu keluarga (KK), yang diterbitkan minimal enam bulan terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pringsewu, Heri Iswahyudi mengungkapkan, peraturan tersebut diterapkan karena PPDB 2018 menggunakan sistem zonasi.

Baca: Kronologi Penangkapan Presenter Reza Bukan karena Sabu-sabu

Baca: Kasatlantas Beberkan Kronologi Peristiwa Tergulingnya Mobil Berisi 9 Polisi di Jl Antasari

Sistem tersebut merujuk jarak tempat tinggal calon siswa dengan sekolah tujuan. PPDB, lanjut Heri, berlangsung mulai 2-6 Juli 2018.

“PPDB dibuktikan dengan KK yang dikeluarkan minimal enam bulan terakhir,” ujar Heri, Minggu (1/7).
Hal tersebut, Heri menuturkan, bertujuan untuk menjamin proses penerimaan peserta didik baru berjalan objektif, transparan akuntabel, nondiskriminatif, dan berkeadilan, dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

Dalam sistem zonasi, Heri mengungkapkan, 75 persen calon siswa wajib berasal dari Pringsewu. Sementara, sisanya bisa berasal dari daerah lain. Di mana, 20 persen untuk calon siswa yang berprestasi di bidang akademik, dan 5 persen bidang nonakademik.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Disdikbud) Pringsewu, Rustian mengatakan, ada 24 SMP negeri di Bumi Jejama Secancanan. "Jumlah rombongan belajar sebanyak 145 untuk kelas tujuh, dan daya tampung sebanyak 4.640 orang," ujar Rustian.

Penerapan sistem zonasi, Rustian menjelaskan, merupakan aturan yang telah diterapkan pemerintah pusat. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 tentang PPDB. (dik)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help