DPRD Lampura Sahkan 6 Raperda, Ini Rinciannya

‎Sebanyak enam rancangan peraturan daerah di tetapkan menjadi peraturan daerah. Keenam raperda tersebut, disetujui melalui rapat paripurna

DPRD Lampura Sahkan 6 Raperda, Ini Rinciannya
Tribunlampung/Anung
DPRD Lampura Sahkan 6 Raperda 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - ‎Sebanyak enam rancangan peraturan daerah di tetapkan menjadi peraturan daerah. Keenam raperda tersebut, disetujui melalui rapat paripurna DPRD Lampung Utara, Senin (2/7).

Raperda tentang Pembangunan kepemudaan, pembangunan ketahanan keluarga, retribusi tentang pengendalian menara telekomunikasi, pengelolaan barang milik daerah‎, serta dua rancangan peraturan daerah pengelola budaya dan kearifan lokal masyarakat, serta raperda tentang pemberdayaan koperasi dan usaha mikro.

Agenda rapat, laporan hasil pembahasan oleh panitia khusus DPRD Lampura. Dipimpin oleh ketua DPRD Lampura Rachmat Hartono, dihadiri asisten I pemkab Lampura Yuzar.

Baca: Pemakaman Bripda Tio Berlangsung Haru, Ini Ucapan Duka Kabid Humas Polda Sulistyaningsih

Berdasarkan daftar hadir hanya 28 anggota yang hadir. "Dari daftar hadir baru 28 orang anggota dari 45 anggota DPRD Lampura. Kuorum rapat tidak terpenuhi, rapat di tunda 15 menit," kata Rachmat Hartono.

Baca: Penampilannya Sewaktu Muda Bule Banget, Artis Ini Dikira Artis Telenovela Rosalinda

Seusai di skor, rapat paripurna dilanjutkan. Pada kesempatan itu, Pengelolaan budaya dan kearifan lokal masyarakat, di bacakan oleh Helda Maria, dari partai Gerindra mengatakan hasil pembahasan budaya kearifan lokal, hasil cipta, karya dan masyarakat yang berkembang di masyarakat. ‎"Kebijakan untuk meningkatkan ‎peran serta masyarakat, dalam budaya perlu dilakukan oleh pemerintah," katanya.

Pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, dibacakan oleh Madri Daud, dari partai Gerindra. Rancangan peraturan Perda tersebut merupakan pemberian kesempatan usaha, dukungan perlindungan, demi mewujudkan pendapatan rakyat. Perlu diberdayakan, dan diwujudkan kedua hal tersebut.

Pendapat dari bupati Lampung Utara, yang diwakili oleh Yuzar asisten I pemkab Lampung Utara, mengatakan ‎pihaknya mengapresiasi dua raperda usul inisiatif DPRD Lampura, demi kemajuan Lampung Utara. Budaya dan kearifan lokal, perlu diperhatikan oleh pemkab Lampung Utara. Begitu juga koperasi dan usaha mikro memberikan sumbangsih untuk kemajuan bagi Lampung Utara.

Karena itu, pihak eksekutif mendukung peningkatan raperda menjadi Perda. Dimana, sesuai aturan ada dua raperda, usul dari pemerintah kabupaten, serta usul inisiatif dari DPRD Lampura. Dalam membahas, anggota dewan telah menyita waktu, bekerja keras. Kabupaten Lampung Utara makin maju, aman dan bermartabat.

Setelah itu, dilakukan penandatangan berita acara rapat, pengesahan dua raperda menjadi peraturan daerah oleh Ketua DPRD Lampura, Rachmat Hartono dan asisten I Pemkab Lampung Utara, Yuzar.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved