Public Service

Mengapa Penukaran Uang Logam Dibatasi?

Saya mau tanya kenapa sekarang penukaran uang logam di salah satu bank di Lampung dibatasi hanya satu kotak saja.

Mengapa Penukaran Uang Logam Dibatasi?
Kompas.com
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - KEPADA Yth Bank Indonesia (BI) perwakilan Lampung. Saya mau tanya kenapa sekarang penukaran uang logam di salah satu bank di Lampung dibatasi hanya satu kotak saja. Terimakasih atas penjelasannya.

Baca: Penyebab Sering Merasa Lapar dan Perut Terasa Tidak Enak

Pengirim: +62819696xxx

Kapasitas Ruang Penyimpanan Uang Berbeda-Beda Setiap Bank

Baca: GRAFIS: Perancis vs Kroasia, Menanti Juara Baru

BANK Indonesia senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai. Dalam pelaksanaan tugas di Sistem Pembayaran tunai, khususnya pengedaran uang, BI bekerjasama dengan perbankan dalam hal penukaran uang, dan mengimbau perbankan untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam hal penukaran uang logam.

Namun perlu diketahui bahwa ukuran dan kapasitas ruang penyimpanan uang (khazanah) di perbankan berbeda-beda, sehingga stok per pecahan uang yang ada di khazanah tiap bank juga berbeda. Hal itulah yang membuat perbankan membatasi jumlah penukaran uang untuk masyarakat.

Untuk mengatasi kendala tersebut, Bank Indonesia melayani pelayanan penukaran uang ke masyarakat melalui mobil kas keliling Bank Indonesia.

BUDIHARTO
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help