Sempat Dikira Alien karena Aneh, Ternyata Ini Benar-benar Kerangka Manusia

Kerangka itu merupakan manusia, berjenis kelamin perempuan dan meninggal sekitar 40 tahun lalu.

Sempat Dikira Alien karena Aneh, Ternyata Ini Benar-benar Kerangka Manusia
Kolase - Mumi Ata yang dikira alien 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ilmuwan baru-baru ini berhasil mengungkap misteri kerangka berukuran mini dengan bentuk menyerupai alien yang ditemukan di Atacama, Chile pada 2003 silam.

Kerangka itu berukuran sangat kecil nyaris mirip dengan jenglot.

Sebelumnya kerangka itu diyakini sebagai alien lantaran memiliki bentuk kepala lonjong dengan tulang iga hanya berjumlah 10 seperti halnya alien yang diperlihatkan di film-film.

Baca: Luhut Binsar Panjaitan dan Istri Tuan Guru Bajang Masih Saudara? Ini Foto-foto Cantiknya Erica Majdi

Bentuk kepala lonjong seperti halnya alien di film-film, faktanya ini merupakan kerangka anak kecil yang menderita kelainan
Bentuk kepala lonjong seperti halnya alien di film-film, faktanya ini merupakan kerangka anak kecil yang menderita kelainan (Mail Online)

Kerangka itu kemudian dibeli oleh kolektor asal Spanyol yang menduga bahwa kerangka itu merupakan mumi dari makhluk luar angkasa.

Bahkan kerangka ini sempat diulas dalam sebuah film dokumenter yang menyebutkan bahwa ini merupakan bukti nyata keberadaan alien.

Baca: Eks Kiper Timnas Kurnia Meiga Kini Jualan Keripik, Siapa Tahu Teman-teman Berminat Beli

Namun, lima tahun kemudian setelah para ilmuwan melakukan serangkaian analisa genetik, mereka memastikan bahwa kerangka itu bukanlah alien.

Sebagaimana dikutip TRIBUNJOGJA.com dari Mail Online, peneliti dari Universitas California dan Universitas Stanford tersebut secara meyakinkan menyebutkan bahwa kerangka itu merupakan manusia, berjenis kelamin perempuan dan meninggal sekitar 40 tahun lalu.

Kerangka ini memiliki ukuran sangat kecil
Kerangka ini memiliki ukuran sangat kecil (Mail Online)

Lantas kenapa kerangka ini berbentuk aneh? Para peneliti menemukan bukti bahwa kerangka itu merupakan milik seseorang yang mengidap dwarfisme.

Dwarfisme sendiri merupakan kelainan yang ditandai dengan tubuh pendek akibat dari kelainan medis atau genetis.

Dikutip dari ALO DOKTER, seorang manusia dewasa dikatakan mengalami dwarfisme bila tinggi badannya hanya mencapai kisaran 147 cm atau lebih pendek. Kondisi ini lebih sering disebut dengan perawakan tubuh yang pendek dibandingkan penyebutan dwarfisme atau dwarf karena dianggap mendiskriminasi kondisi penderita.

Halaman
123
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help