Pilgub Lampung 2018

Ajak Guru Dukung Salah Satu Cagub, Kepala SMAN di Pringsewu Dipenjara

Pengadilan juga menyita barang bukti berupa empat helai kaus warna putih bergambar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung nomor urut 1.

Ajak Guru Dukung Salah Satu Cagub, Kepala SMAN di Pringsewu Dipenjara
Tribun Lampung/Okta Kusuma Jatha
Pilgub Lampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Romi Rinando

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Gara-gara mendukung salah satu pasangan calon gubernur, seorang kepala sekolah di Pringsewu divonis satu bulan penjara dan denda Rp 1 juta.

Suyadi,  SMAN 1 Pardasuka, terbukti menyuruh pengajar di sekolahnya untuk memilih pasangan calon gubernur lampung dan wakil gubernur Lampung pasangan nomor urut 1 dalam Pilgub Lampung 2018.

Sidang yang berlangsung di Ruang Kartika, Pengadilan Negeri Kota Agung, Tanggamus, Senin, 16 Juli 2018 ini dipimpin hakim ketua Ratriningtias Ariani.

Ia didampingi dua anggotanya, Faridh Zuhri dan Joko Ciptanto.

Baca: Jadi Tersangka Narkoba, Oknum Anggota DPRD Way Kanan Gagal Ikut Pileg Lagi

Majelis hakim menyatakan, terdakwa Suyadi terbukti secara dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja selaku pejabat aparatur sipil negara (ASN) membuat tindakan yang menguntungkan salah satu pasangan calon.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Suyadi karena itu dengan pidana penjara selama satu bulan dan pidana denda sebesar Rp 1 juta. Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan,” ucap Ratriningtias dalam rilisnya kepada Tribun Lampung, Selasa, 17 Juli 2018.

Baca: Sebut Kasusnya Bernuansa Politis, Pembelaan Mustafa Setebal 30 Halaman

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum Akhmad Adi Sugiarto dan Ali Mashuri, yakni dua bulan pidana penjara dan denda sebesar Rp 1 juta subsider dua bulan bulan.

Pengadilan juga menyita barang bukti berupa empat helai kaus warna putih bergambar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung nomor urut 1, tiga botol minuman plastik berwarna biru bertuliskan nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung nomor urut 1, dan di bawahnya tertulis Coblos No 01. (*)

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung telah menggelar pleno rekapitulasi perolehan suara pilgub 2018, Minggu (8/7).

Halaman
1234
Penulis: Romi Rinando
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved