Pasar 1000 Batoe, Kolaborasi Genpi Lampung dan Masyarakat Sumber Agung Buka Minggu 5 Agustus 2018

Provinsi Lampung, khususnya Kota Bandar Lampung, kini memiliki atraksi wisata baru.

Pasar 1000 Batoe, Kolaborasi Genpi Lampung dan Masyarakat Sumber Agung Buka Minggu 5 Agustus 2018
Tribun Lampung/Andreas
Warga menikmati wisata kuliner di Pasar 1000 Batoe Kemiling Bandar Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Provinsi Lampung, khususnya Kota Bandar Lampung, kini memiliki atraksi wisata baru.

Atraksi itu adalah Pasar 1000 Batoe yang berlokasi di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rahman, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

Baca: VIDEO - Asyiknya Kulineran Sambil Foto-foto di Pasar 1000 Batoe

Dan pada Minggu 5 Agustus 2018, sebagian area Tahura Wan Abdul Rahman diubah menjadi pasar kuliner dengan konsep kembali ke alam hasil kolaborasi Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung dengan masyarakat sekitar Sumber Agung.

Pasar 1000 Batoe ini merupakan Destinasi Digital kedua di Lampung, setelah yang pertama yaitu Pasar Tahura yang dilaunching pada 10 Desember 2018 yang lalu.

Adapun Genpi sendiri merupakan sebuah komunitas pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata RI.

Pasar 1000 Batoe
Pasar 1000 Batoe (Tribunlampung/Dennish)

Selain melakukan penyebaran informasi positif terkait pariwisata di Nusantara, mereka juga sanggup membuat acara offline dengan konsep pasar ini.

Akan tetapi, uniknya pasar ala Genpi ini tetap menggunakan kekuatan media sosial untuk mendatangkan pengunjung.

“Tujuan hadirnya Destinasi Digital ini adalah untuk menghidupkan ekosistem pariwisata di Lampung. Karena kami dari Genpi Lampung selalu melibatkan warga lokal. Jadi kolaborasi Genpi Lampung dengan masyarakat lokal itu hasilkan destinasi digital yang sedang berjalan sekarang ini” kata Ketua Genpi Lampung Dito Dwi Novrizal.

Baca: Jangan Lupa! Besok, Genpi Lampung Launching Destinasi Digital Baru Pasar 1000 Batoe!

Dito menambahkan, sebenarnya embrio kepedulian pariwisata sudah ada di masyarakat lokal.

Sehingga tinggal Genpi yang mengemasnya bersama masyarakat untuk menyatukan frame.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Pak Parmin, selaku pengelola Pasar 1000 Batoe sekaligus masyarakat Sumber Agung.

“Pasar 1000 Batoe adalah pasar kuliner yang lahir dari rencana pembangunan wisata berbasis masyarakat yang tentu didalamnya perlu keterlibatan banyak pihak. Karena Pasar 1000 Batoe berlokasi di kawasan Tahura Wan Abdul Rahman, sudah pasti semua aktifitas kegiatan wisata alam dan wisata kulinernya di bawah pengawasan dinas kehutanan. Sebab, sudah jadi kewajiban dinas dalam menjaga kelestarian hutan di dalamnya” ujar Parmin

ia juga menambahkan, bahwa hadirnya Genpi adalah sebuah terobosan yang tepat.

Sebab, Genpi mempunyai peran penting untuk dapat memfasilitasi masyarakat dengan pihak birokrasi terkait dalam upaya mewujudkan pariwisata berbasis masyarakat di kawasan Tahura.

Peran Genpi, menurut beliau, bukan hanya sekadar menjadi fasilatator kegiatan akan tetapi dapat mendorong para pelaku wisata di masyarakat baik yang aktif maupun pasif untuk berjiwa wisata.

“Tahura mempunyai banyak potensi. Bagi saya hal yang sangat penting adalah menggali potensi masyarakat di sekitar Tahura. Seperti potensi seni budaya, hasil industri rumah tangga. Pemerintah beserta masyarakat masing-masing punya tanggung jawab untuk menjaga, melestarikan, sekaligus memanfaatkan keberadaan Tahura sebagai nilai tambah untuk pendapatan ekonomi mereka,” imbuh Parmin

Baca: Begini Sensasi Wisata Kuliner di Atas Aliran Sungai Pasar 1000 Batoe Kemiling

Pada Launching Pasar 1000 Batoe, pada Minggu 5 Agustus 2018 nantinya, bakal banyak atraksi seru yang ditampilkan.

Atraksi itu berupa live accoustic, Taman Kelinci, berbagai macam  kuliner tradisional, dan juga spot-spot foto yang instagramble.

Selain itu, pada saat launching Pasar 1000 Batoe akan dihadiri Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, dan juga kumpulan beberapa Komunitas yang ada di Lampung.

Untuk teman-teman di sekitar Lampung khususnya di Bandar Lampung, jangan lupa datang ke Pasar 1000 Batoe yang akan dibuka hari Minggu ini, 5 Agustus 2018, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. 

(*)

Penulis: teguh_prasetyo
Editor: teguh_prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help