SDM Lokal Titik Lemah Lamsel Hadapi Efek Domino Hadirnya Jalan Tol

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lampung Selatan, Budiman Dabo menilai kehadiran jalan tol trans Sumatera (JTTS)

SDM Lokal Titik Lemah Lamsel Hadapi Efek Domino Hadirnya Jalan Tol
Jalan tol sumatera di Bakauheni 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lampung Selatan, Budiman Dabo menilai kehadiran jalan tol trans Sumatera (JTTS) akan membawa efek domino para perkembangan daerah.

Menurut dirinya, hadirnya JTTS memberikan dampak positif dan  negatif. Ia menyarankan pemerintah daerah  segera bersiap diri menghadapi dampak domino dari kehadiran JTTS nantinya.

Baca: Baru Jadi Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto Langsung Rombak Kabinet

Baca: 10 Bacaleg Lampung Selatan Gagal Bertarung di Pileg 2019

“Adanya jalan tol artinya ada kemudahan bagi orang untuk datang dan pergi dari Lampung Selatan. Pemerintah perlu segera menyikapi kemungkinan dampak positif maupun negatif dari kehadiran jalan tol nantinya,” terang dirinya, Rabu (8/8).

Ia menilai dengan kondisi saat ini, pemerintah daerah masih belum begitu siap menghadapi adanya efek domino dari jalan tol. Menurut dirinya, salah satu titik lemah yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah adalah kemampuan daya saing SDM lokal.

“Kita perlu mempersiapkan SDM lokal kita. Hadirnya jalan tol tentu akan mendorong percepatan perkembangan daerah. Akan ada investasi yang masuk. Ada pabrik yang nantinya akan berdiri. Ini tentu membutuhkan tenaga kerja. Jika SDM kita tidak siap, tentu akan kalah bersaing nantinya,” ujar Budiman.

Hal ini juga diakui oleh Herwanto, akademisi dari STIE Muhammadiyah Kalianda.  Ia juga melihat pemerintah daerah perlu segera mempersiapkan SDM lokal untuk bisa menyambut perubahan dari hadirnya jalan tol.

“Jangan sampai nantinya, kita hanya jadi penonton dari perubahan-perubahan yang ada,” tegas dirinya.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help