Berita Video Tribun Lampung

VIDEO CONTENT - Adik Zulkifli Hasan Gagal Nyaleg

Sebanyak 16 bakal calon anggota legislatif (caleg) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPRD Provinsi Lampung dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

Laporan Videografer Tribun Lampung Okta Kusuma Jatha

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 16 bakal calon anggota legislatif (caleg) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPRD Provinsi Lampung dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Lampung. Akibatnya ada dua daerah pemilihan (dapil) terncam tidak ikut Pilkada. Keduanya yakni di Dapil 2 dan Dapil 8.

Baca: 6 Bacaleg Petahana DPRD Lampung Utara Pindah Partai

Dapil Lampung 2 untuk DPRD Lampung sendiri merupakan kampung halaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Caleg DPRD Provinsi PAN untuk nomor urut 1 di Dapil 2 ini yakni Fitoni Hasan yang merupakan adik kandung Zulkifli Hasan. Fitoni juga merupakan ketua DPD PAN Lamsel. Untuk DPRD Lampung kuota kursi di Dapil 2 sebanyak 10 kursi.

Baca: 6 Anak Soeharto Kumpul di Partai Berkarya, Makin Pede Raih 80 Kursi DPR RI Pemilu 2019

Sementara Dapil 8 meliputi kabupaten Lampung Timur dengan kuota 10 kursi. Dalam usulan Caleg PAN sebelumnya, mereka menyerahkan 100 persen bacaleg di setiap dapil.

Rapat penyerahan hasil verifikasi administrasi syarat caleg KPU Lampung kepada 16 partai politik peserta Pileg 2019 berlangsung di Aula KPU Lampung. Dalam rapat ini sendiri diketahui PAN tidak sendiri. Ada total 49 caleg yang dinyatakan TMS oleh KPU. Mereka tersebar di tujuh partai dengan rincian, PKB 6 caleg, Garuda 1 caleg, Berkarya 6 caleg, Perindo 6 caleg, PSI 10 caleg, PAN 16 caleg, dan PBB 4 caleg.

Penyerahan berkas hasil verifikasi ini dihadiri dua komisioner KPU Lampung, Ahmad Fauzan dan M. Tio Aliansyah.(*)

Apa komentar partai dan apa langkah yang akan diambil soal ini? Simak laporan lengkapnya pada Koran Tribun Lampung, edisi Kamis, 9 Agustus 2018.

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help