Waspada, Ini Ragam Penyakit yang Mengintai Akibat Suhu Dingin

Penyakit-penyakit yang berpotensi saat kondisi cuaca dingin yang dapat berdampak terhadap kesehatan.

Waspada, Ini Ragam Penyakit yang Mengintai Akibat Suhu Dingin
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kondisi cuaca dingin yang mulai dirasakan masyarakat saat ini dinilai masih dalam kategori biasa. Sehingga jika dikaitkan dengan pengaruh terhadap kesehatan masyarakat tentunya tidak terlalu berpengaruh secara menyeluruh.

Namun bagi masyarakat yang kondisi tubuhnya tidak terlalu fit/sehat pasti akan berpengaruh sekali terkait kondisi perubahan suhu dari waktu siang terasa panas sementara terasa dingin di waktu malam.

Baca: Jadi Dukun di Film Horor Sebelum Iblis Menjemput, Ini yang Dirasakan Artis Lampung Ruth Marini

"Oleh karenanya masyarakat diimbau untuk mewaspadai kondisi suhu dingin tersebut dengan tidak keluar di waktu malam jika memang dirasa tidak terlalu penting sekali," papar dr. Oscar Febriano, Dokter Praktik di Bandar Lampung, Selasa (7/8).

Baca: Tak Memiliki Garis Keturunan Menderita Kanker, Begini Kata Denada Soal Penyebab Shakira Leukimia

"Dan jika terpaksa keluar rumah di waktu malam maka dianjurkan mengenakan pelindung tubuh seperti jaket, sweater, ataupun lainnya untuk menjaga kondisi tubuh," sambungnya.

Penyakit-penyakit yang berpotensi saat kondisi cuaca dingin yang dapat berdampak terhadap kesehatan di antaranya adalah asma bronkiale, alergi kulit(biduran), dan pilek alergi.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam rangka menjaga kondisi tubuh dalam menghadapi suhu dingin tersebut yaitu dengan banyak minum air putih, perbanyak gerak atau olah raga agar tubuh tetap fit.

"Kemudian, makan-makanan bergizi, sayur-sayuran, buahan dalam rangka untuk sistem imun lebih baik. Jangan lupa, tidur yang cukup, kurangi stresor, menjaga kebersihan rumah, dan dianjurkan berhenti untuk perokok dan alkoholik," tandasnya. (eka)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help