Terobosan Izin Online ala Bu Camat Metro Pusat

Memang masih ada beberapa kelemahan. Namun tidak terlalu krusial. Salah satunya belum ada aplikasi di PlayStore.

Terobosan Izin Online ala Bu Camat Metro Pusat
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Camat Metro Pusat Triana Aprisia mempraktikkan cara pengajuan izin online melalui aplikasi Simpelmas. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Terobosan pelayanan di Kecamatan Metro Pusat laik diacungi jempol. Pasalnya, program inovatif itu memberi kemudahan dan kecepatan bagi masyarakat yang akan mengurus izin.

Simpelmas alias Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Masyarakat adalah program online yang digagas Camat Metro Pusat Triana Aprisia. Sementara ini Simpelmas menawarkan empat item yang bisa dimanfaatkan warga, sehingga tidak lagi bolak-balik untuk mendapat izin.

"Baru launching kemarin, 10 Agustus. Sebenarnya ini untuk Diklatpim yang lagi saya ikuti. Tapi saya coba terapkan sekaligus uji coba. Sekarang baru ada empat izin yang bisa diurus masyarakat," ujar Triana saat menunjukkan cara mendaftar via online di Kantor Kecamatan Metro Pusat, Senin, 27 Agustus 2018.

Baca: Camat Metro Pusat Beber Masalah-masalah di Kecamatannya

Keempat izin itu adalah izin pindah datang antarkecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi; IMB; rekomendasi nikah; serta pengajuan usaha mikro dan kecil. Sejak diluncurkan, 10 warga memanfaatkan pengurusan via online tersebut.

"Jadi kalau ada ajuan, saya buka lewat Android. Dan kalau sudah lengkap, saya langsung approve saat itu juga. Masyarakat tinggal datang ke kantor ambil berkas yang sudah selesai. Tinggal print. Enggak bolak-balik lagi kan. Enggak perlu nunggu saya juga kan. Kalau misal lagi rapat atau dinas luar," ungkap perempuan 36 tahun itu.

Tribun Lampung pun mencoba membuka aplikasi simpelmas.metrokota.go.id. Ternyata cukup simpel, baik dari tampilan maupun login (masuk program).

Pengaju hanya perlu memasukkan nomor e-KTP dan nama lengkap. Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi sesuai dengan apa yang akan diajukan.

Baca: Chrisna Putra Serahkan Dana Operasional RT-RW se-Metro Pusat

Memang masih ada beberapa kelemahan. Namun tidak terlalu krusial. Salah satunya belum ada aplikasi di PlayStore. Sehingga pengaju hanya bisa membuka melalui website.

Namun, dari sisi transparansi, kecepatan, dan kemajuan teknologi, Simpelmas laik dijadikan acuan bagi satker lain. Pasalnya, program ini hanya dilakukan di Kecamatan Metro Pusat.

"Iya baru di sini. Ya uji coba. Karena itu tadi sebenarnya untuk Diklatpim. Dan memang tidak ada anggarannya. Jadi masih sendiri saja," terang Triana. (*)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help