Pileg 2019

KPU Pesawaran Rahasiakan Hasil Pleno Caleg Terduga Eks Koruptor

Menurut dia, hasil klarifikasi disampaikan parpol bersangkutan melalui surat tertulis.

KPU Pesawaran Rahasiakan Hasil Pleno Caleg Terduga Eks Koruptor
Tribun Pekanbaru
Pileg 2019 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNGKPU Pesawaran mengaku sudah melakukan klarifikasi kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan terkait dua caleg yang diduga mantan terpidana korupsi.

Namun, KPU belum mengungkapkan hasil pleno kepada awak media.

“Jadi kita sudah dapat tanggapan dari partai masing-masing dan sudah kita rapatkan dengan komisioner KPU lainnya. Tetapi, nanti penyampaiannya setelah DCT (apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat). Jika dinyatakan MS, sampai dengan calon tetap. Jika tidak, akan ada penyampaian ke parpol apakah akan diganti atau ada sengketa di Bawaslu,” kata Ketua KPU Pesawaran Aminudin, Selasa, 4 September 2018.

Menurut dia, hasil klarifikasi disampaikan parpol bersangkutan melalui surat tertulis.

“Kalau kami mengklarifikasi itu, kemudian mereka membuat jawaban dari surat yang kami sampaikan, mereka menyampaikan melalui surat. Terkait apa yang disampaikan, MS atau TMS, itu nanti,” kata dia.

Baca: Lolos DCS, 2 Caleg Pesawaran Diduga Eks Koruptor Melenggang

Menurut dia, KPU berkewajiban menyampaikan hasil klarifikasi hanya kepada partai.

Disinggung mengenai KPU Lampung yang sebelumnya menyampaikan secara terbuka kepada media mengenai tiga bacaleg yang dinyatakan TMS, meski belum pengumuman DCT, Aminudin mengatakan ia harus berkonsultasi dengan komisioner KPU Pesawaran lainnya.

“Nanti saya tanyakan dengan teman-teman yang lain, saya memang ketua, tetapi dalam pengambiilan keputusan tidak bisa sendiri. Kalau KPU Lampung mungkin ada pertimbangan sendiri. Kalau dalam tahapan itu yang  TMS kita sampaikan kepada parpoll apakah mengganti atau tidak. Kalau MS maka kami tidak sampaikan ke partai,” ungkapnya.

Dua calon anggota legislatif terindikasi eks narapidana korupsi lolos dalam daftar calon sementara (DCS) Pileg 2019 di Kabupaten Pesawaran.

Halaman
123
Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved