Pemkab Mesuji Jalin Kerja Sama dengan Badan Informasi Geospasial

Pemerintah Kabupaten Mesuji menjalin kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Pemkab Mesuji Jalin Kerja Sama dengan Badan Informasi Geospasial
tribun lampung/endra zulkarnain
Pemkab Mesuji menjalin kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Endra Zulkarnain

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Pemkab Mesuji menjalin kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kerjasama ini dalam rangka mendukung kebijakan one map policy, serta meningkatkan penyelenggaraan pelaksanaan otonomi daerah dan pembangunan, khususnya pemetaan administrasi dan tata ruang.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Wakil Bupati Mesuji Saply dan Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial Titiek Suparwati di Kantor Badan Informasi Geospasial, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (04/09) kemarin.

Penandatanganan MoU ini disaksikan Kepala BIG Prof Hasanuddin Zainal Abidin, Sekretaris Kabupaten Mesuji Rizal Fauzi, Kepala Bappeda Sukarman, Kabag Tata Pemerintahan Gunarso, dan Kabag Hukum dan Organisasi Olvin. 

Selain dengan Pemkab Mesuji, BIG juga melakukan penandatanganan MoU kerja sama dengan 25 instansi, terdiri atas pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kota, perguruan tinggi, dan lain-lain.

Wakil Bupati Saply mengatakan, kerja sama ini diwujudkan dalam rangka penyelenggaraan, pengembangan, dan pemanfaatan data serta Informasi Geospasial (IG) untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Mesuji.

Pemanfaatan sistem IG ini, kata Saply, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Mesuj.

"Dampak positif yang kita petika khususnya terkait dengan perencanaan pembangunan," kata Saply.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Mesuji Gunarso mengatakan, kerja sama ini meliputi beberapa hal.

Diantarnya, pembangunan basis data dan meta data geospasial, penyelenggaraandan pemanfaatan jaring kontrol geodesi, informasi geospasial dasar dan tematik serta pelaksanaan proses orthorektifikasi citra satelit resolusi tinggi.

Selain itu juga, menyangkut peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang informasi geospasial, penelitian dan pengembangan dalam bidang informasi geospasial dan teknologi aplikasinya, dan pembangunan dan pengembangan Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Melalui kerja sama ini, sambung Gunarso, akan dibentuk Dashboard Kinerja dan Evaluasi dalam rangka pemanfaatan data dan informasi geospasial untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan.

"Kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun dan dapat diperpanjang,” terang Gunarso. (endra)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved