Tertarik Swakelola ala Khamami, Dinas PUPR Tanggamus Belajar ke Mesuji

Studi banding alam rangka “belajar” pembangunan secara swakelola yang diterapkan di Kabupaten Mesuji.

Tertarik Swakelola ala Khamami, Dinas PUPR Tanggamus Belajar ke Mesuji
Tribun Lampung/Endra Zulkarnaen
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanggamus meninjau salah satu proyek swakelola di Mesuji, Kamis (6/9). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnaen

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Pembangunan secara swakelola yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mesuji mulai dilirik dan diminati pemerintah daerah lainnya di Lampung.

Setelah Tulangbawang Barat dan Tulangbawang, kini giliran Kabupaten Tanggamus yang ingin mengadopsi pola pembangunan swakelola yang digagas Bupati Mesuji Khamami.

Guna mengadopsi pola itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanggamus melakukan studi banding ke Mesuji, Kamis (6/9).

Studi banding alam rangka “belajar” pembangunan secara swakelola yang diterapkan di Kabupaten Mesuji.

Baca: Diapresiasi Jokowi, Khamami Beberkan Rahasia Pemkab Mesuji Hemat Anggaran

Rombongan diterima Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mesuji Najmul Fikri dan jajaran di kantornya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Tanggamus Ari Yudha Ari mengaku kagum dengan pembangunan yang dijalankan Pemkab Mesuji, khususnya dengan penerapan metode swakelola yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Dia juga mengaku kagum dengan kepemimpinan Khamami yang selalu terjun langsung ke lapangan untuk memastikan pembangunan berjalan dengan baik.

“Selama ini kami memantau dari media sosial dan pemberitaan tentang pembangunan swakelola di Mesuji. Sangat mengagumkan. Sehingga perlu bagi kami untuk berkunjung langsung agar bisa kami terapkan di Kabupaten Tanggamus nantinya,” ujar Ari.

Najmul Fikri menjelaskan, Pemkab Mesuji terbuka bagi pemda lainnya untuk melihat pembangunan di Kabupaten Mesuji, sekaligus untuk bertukar ilmu dan pengalaman.

Baca: Cara Unik Kapolres Mesuji Ajak Anggota Salat di Masjid, Imingi Hadiah Sepeda Motor hingga Naik Haji

Mengawali kunjungan studi banding dari Dinas PUPR Tanggamus, Najmul memaparkan skema pembangunan swakelola di Mesuji.

Selanjutnya Najmul dan jajaran mengajak rombongan menuju ke lapangan untuk melihat langsung pembangunan pola swakelola yang tengah dikerjakan Pemkab Mesuji.

Ada tiga lokasi yang dikunjungi, yakni land concrete ruas jalan Desa Muara Tenang, pembangunan drainase di ruas jalan Desa Budi Aji-Mukti Karya, dan pemasangan box culvert untuk jembatan dan pengecoran pelebaran ruas jalan Simpang Pematang-Budi Aji.

"Rombongan tadi juga sempat bertemu dengan bupati dan wakil bupati di lokasi,” terang Kiki, sapaan akrab Najmul. (*)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved