Jawab Sandiaga Uno, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Sindiran Telak Seperti Ini

Ridwan Kamil beri sindiran telak menjawab pernyataan Sandiaga Uno soal gubernur agar tidak fokus dalam pemilihan presiden.

Jawab Sandiaga Uno, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Sindiran Telak Seperti Ini
Kompas.com
Ridwan Kamil 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat suara soal pernyataan calon wakil presiden Sandiaga Uno.

Dalam pernyataannya, Sandiaga Uno meminta gubernur tidak fokus dalam Pemilihan Presiden 2019.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, Sandi semestinya berkaca pada pengalaman pribadinya yang pernah terjun langsung mendukung sejumlah pasangan dalam Pilkada Serentak 2018.

Padahal, saat itu status Sandi saat itu masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Pak Sandiaga Uno yang terhormat tolong sebelum memberikan statement berkaca pada pengalaman pribadi. Pada 2018, dia datang ke Jawa Tengah menjadi jurkam Sudirman Said, datang ke Priangan jadi jurkam pasangan Asyik. (Saat itu), Beliau dalam kapasitas Wakil Gubernur, dalam kapasitas wakil publik," ucap Emil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (12/9/2018).

Baca: Sandiaga Uno Disindir Gara-gara Tempe Setipis Kartu ATM: Jangan Kaget, dari Dulu Tempe Begitu

Menurut Emil, pejabat daerah punya hak sama dalam mendukung pasangan Capres dan Cawapres manapun selama tak melanggar hukum.

"Jadi ya yang penting enggak melanggar aturan, enggak melanggar hukum, kemudian jangan bawa nama institusi dan jabatan. Tolong melihat pada pengalaman pribadi," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, bakal cawapres Sandiaga Uno menyatakan koalisinya tak akan melibatkan kepala daerah dari partai pengusung untuk memenangkan mereka di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Sandiaga menanggapi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat sekaligus Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Padahal, Demokrat bersama Gerindra, PKS, dan PAN telah mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Baca: Ridwan Kamil Siap Turun Tangan Tangani Kasus Rumah Warga Bandung Terkepung Tetangga

"Kami, di koalisi Prabowo-Sandiaga, sudah perintahkan gubernur maupun kepala daerah, untuk fokus membangun wilayahnya, mereka punya tugas bangun ekonomi, pastikan harga terjangkau," kata Sandiaga saat ditemui di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (11/9/2018).

Ridwan Kamil dan Sandiaga
Ridwan Kamil dan Sandiaga ()

"Pak Anies (Baswedan) dapat perintah yang sama, dan ada beberapa gubernur, yang dapat pesan yang sama," lanjut dia.

Dia menambahkan, para kepala daerah telah melalui proses pilkada yang melelahkan karena itu tak perlu diperpanjang hingga Pilpres 2019.

Menurut Sandiaga, setelah para kepala daerah melewati proses pilkada yang panjang dan melelahkan, semestinya mereka langsung fokus membenahi daerahnya, bukan ikut membantu pemenangan pilpres.

Baca: Kecemasan Sandiaga Uno Ternyata Jadi Kenyataan Usai Kubu Jokowi Tunjuk Ketua Timses

Baca: Pakai Baju Begini, Sandiaga Uno Sebut Gaya Pakaian Siwon Suju Mirip Dirinya dan Prabowo

Baca: Bagaimana Jika Pilpres 2019 Jokowi Kalah di Jawa Barat, Ridwan Kamil Beri Jawaban Menohok

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: ridwan-kamil-pak-sandiaga-yang-terhormat-tolong-berkaca-sebelum-beri statement. 

Editor: Safruddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved