Gempa Lombok

Pencinta Sepeda hingga Mahasiswa Korps Sukarela Unila Galang Dana Gempa Lombok

Bencana gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyisakan duka bagi Indonesia.

Pencinta Sepeda hingga Mahasiswa Korps Sukarela Unila Galang Dana Gempa Lombok
Istimewa
Para goweser alias pecinta sepeda menggalang bantuan untuk korban gempa di Lombok. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ANA PUSPITA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bencana gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyisakan duka bagi Indonesia, khususnya warga yang terdampak. Hingga saat ini, korban gempa di Lombok masih memerlukan uluran tangan untuk bangkit. Bantuan pun terus mengalir, termasuk dari Lampung.

Baru-baru ini, sejumlah kalangan menyalurkan bantuan untuk meringankan sedikit beban para korban gempa Lombok. Di antaranya, para goweser alias pecinta sepeda yang menggelar acara Gowes Bareng (Gobar) Peduli Lombok pada Minggu (9/9/2018) lalu.

Para goweser yang berjumlah ribuan orang dari berbagai komunitas sepeda di Lampung itu menyisir beberapa tempat, seperti pasar, untuk menggalang dana dari masyarakat. Tak hanya di Bandar Lampung, tetapi juga di kabupaten-kabupaten lain di Lampung.

Penggagas Gobar Peduli Lombok, Ruddy, mengungkapkan, dana yang berhasil terkumpul per Rabu (12/9/2018) sudah mencapai Rp 67 juta. Jumlah ini memungkinkan bertambah, karena penggalangan bantuan masih akan berlangsung di Lampung Timur pada Minggu (16/9/2018) akhir pekan ini.

"Hasil penggalangan dana akan kami sumbangkan kepada korban gempa Lombok dan sekitarnya dalam bentuk barang. Rencananya, dana ini juga untuk membantu membangun musala, membeli obat-obatan dan bahan pangan," jelas Babeh Ruddy, sapaan akrabnya, Rabu.

Seorang peserta Gobar Peduli Lombok, Hendry Chimot Satria Jaya dari Bagoes Bicycle Club (BBC), menuturkan, aksi ini merupakan wujud solidaritas para pecinta sepeda di Lampung atas penderitaan korban gempa Lombok.

"Bersepeda bukan hanya usaha untuk sehat atau berolahraga, tapi juga bisa untuk berolah hati dalam kemanusiaan. Melakukan kepedulian sosial untuk yang membutuhkan, bermanfaat bagi pribadi dan orang banyak," ujar Hendry.

Penggalangan bantuan untuk korban gempa di Lombok juga datang dari kalangan mahasiswa, yakni Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (UKM KSR PMI) Unit Universitas Lampung.

Ketua UKM KSR PMI Unit Unila Gregorius Verli Giga Winarno mengungkapkan, penggalangan bantuan untuk korban gempa di Lombok sesuai dengan fokus KSR yang peduli pada hal-hal sosial kemanusiaan.

Halaman
12
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help