Tribun Lampung Utara

KPU Lampura Tetapkan Jumlah DPT HP 431.468 Jiwa, Ini Rinciannya

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara menetapkan jumlah pemilih di kabupaten setempat sebanyak 4‎31.468 jiwa untuk pemilihan umum 2019.

KPU Lampura Tetapkan Jumlah DPT HP 431.468 Jiwa, Ini Rinciannya
Tribunlampung/Anung
Rapat pleno terbuka penetapan DPT Hasil Perbaikan Pemilu 2019 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara menetapkan jumlah pemilih di kabupaten setempat sebanyak 4‎31.468 jiwa untuk pemilihan umum 2019, yang masuk dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan.

Jumlah tersebut telah diplenokan, Kamis (13/9) malam. Rinciannya, 219.327 laki-laki dan 212.141 perempuan.

Baca: Cara Memegang Ponsel Ungkap Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana?

Ketua KPU Lampung Utara Marthon mengatakan pihaknya telah menggelar Pleno penetapan DPT Hasil Perbaikan di Lampung Utara pelaksanaan pemilu serentak 2019.

Hasil ini penetapan hasil perbaikan, maupun dari internal KPU maupun dari Bawaslu, baik ganda selain itu ada perpindahan penduduk, ada juga data yang meninggal.

Jumlah itu juga termasuk pemilih pemula yang memasuki usia 17 tahun."dari data meninggalnya bisa dipertanggung jawabkan dan dilengkapi administrasi. Begitu juga yang aktif dalam TNI POLRI akan diakomodir," katanya, Jumat (14/9).

Baca: Mantan Begal Ditangkap Polisi di Lampura Diduga Jadi Bandar Narkoba

Jumlah yang telah ditetapkan merupkan hasil kesepakatan bersama, dengan sebelumnya dilakukan perbaikan DPT, melalui hasil rekomendasi dari Bawaslu Lampura yang memerikan informasi data, seperti ganda, pindah, belum terdaftar untuk diproses dalam perbaikan.

Baca: 125 Babinkamtibmas Polres Lampura Gelar Bakti Kesehatan di Desa Binaan

"Kami sebelumnya meminta dari Parpol untuk lakukan verifikasi, tapi menyerahkan ke Bawaslu. Hasilnya ada 6.000 an data temuan yang di tindak-lanjut untuk diperbaiki," ujarnya.

Dirinya berharap, setelah ditetapkan tidak ada lagi masukan, maka diminta dicermati oleh teman-teman dari Bawaslu. Dan kemudian dilakukan tahapan berikutnya, diantaranya pengumuman daftar caleg tetap dan ‎penyerahan dana kampanye. Kemudian juga sudah memasuki masa kampanye.

"Jadwalnya sekitar tanggal 20 hingga 23 September," ujarnya seraya mengatakan jumlah TPS di kabupaten Lampung Utara sebanya‎k 2.076 yang tersebar di 247 desa dan kelurahan.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved