Tribun Tanggamus

KPU Proses PAW Anggota DPRD Yoyok Sulistyo yang Pindah Partai

KPU Tanggamus telah memproses usulan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Tanggamus dari PDIP, Yoyok Sulistyo.

KPU Proses PAW Anggota DPRD Yoyok Sulistyo yang Pindah Partai
Hearing DPRD Tanggamus 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - KPU Tanggamus telah memproses usulan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Tanggamus dari PDIP, Yoyok Sulistyo.

Menurut Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, pihaknya menerima tiga usulan PAW dari Sekretariat DPRD Tanggamus untuk diproses.

Baca: Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Menggelar Rapat Koordinasi Tahun 2018

DPRD minta agar KPU tetapkan nama pengganti atas anggota dewan yang diusulkan PAW adalah Yoyok Sulistyo, Basuki, Khoirul Munawir Basri.

Baca: Bawaslu Loloskan Alhajar ke DCS, KPU Tanggamus Pikir-pikir

"Dari tiga usulan baru satu yang sudah kami putuskan, yakni dari PDIP, Yoyok Sulistyo yang akan digantikan Saiful Anwar," ujar Otto, Jumat 14 September 2018.

Selanjutnya hasil penetapan diserahkan ke DPRD dan Pemkab Tanggamus untuk dikirimkan ke Gubernur Lampung. Nanti SK resminya dari gubernur.

Sedangkan dua usulan belum ditetapkan nama penggantinya yakni Basuki dari PKB, dan Khoirul Munawir Basri dari Hanura.

Sebelumnya Sekretariat DPRD Tanggamus menerima usulan PAW tiga anggota dewan dari partainya masing-masing.

"Ajuan PAW ketiganya berawal dari surat yang asalnya dari pengurus partai masing-masing," ujar Suratman, Sekretaris DPRD Tanggamus.

Ia mengaku, untuk Yoyok dan Basuki, adalah anggota DPRD yang nantinya maju sebagai caleg di pileg 2019 dari partai berbeda dengan partai sebelumnya.

Yoyok maju sebagai bacaleg dari PKB sedangkan selama ini jadi anggota dewan dari PDIP. Lantas Basuki jadi bacaleg Nasdem dari sebelumnya PKB.

Saat nanti daftar calon tetap (DCT) keluar, keduanya pun tidak mendapatkan hak dan kewajiban sebagai anggota dewan seperti selama ini.

"Menurut kami bukan terkait DCT, tapi dari usulan PAW partai masing-masing. Meski nanti aturan terkait DCT caleg pindah partai tetap berlaku," terang Suratman.

Sedangkan untuk Khoirul Munawir Basri, tidak sama dengan keduanya. Kader Hanura itu diusulkan PAW dari partainya, dan dia tidak maju sebagai bacaleg di pileg 2019. (tri yulianto)

---> Jangan lupa subscribe Channel YouTube Tribun Lampung News Video

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved