Nyaris Namanya Tak Masuk DPT Pemilu 2019, Ketua Bawaslu Imbau Masyarakat Cek Mata Pilih

Bawaslu Lampung mengimbau masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk mengecek apakah sudah terdaftar dalam mata pilih pemilu 2019 atau tidak.

Nyaris Namanya Tak Masuk DPT Pemilu 2019, Ketua Bawaslu Imbau Masyarakat Cek Mata Pilih
TribunLampung/Beni Yulianto
Cek Mata Pilih 

Laporan Reporter Tribun Lampung, Beni Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung mengimbau masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk mengecek apakah sudah terdaftar dalam mata pilih pemilu 2019 atau tidak.

Cara mengeceknya bisa mendatangi petugas di tingkat kecamatan atau bisa juga dengan cara online.

Baca: Soal Baliho Jokowi-Ma’ruf Amin, Bawaslu Sesumbar Akan Panggil Herman HN

Untuk mengecek secara online, masyarakat bisa masuk ke https://sidalih3.kpu.go.id/ dppublik/dpsnik dengan mengisikan Nomor induk kependudukan (NIK) dan nama lengkap.

“Kita imbau masyarakat untuk aktif mengencek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, pengecekan bisa dilakukan secara  online,” kata ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Minggu (16/9/2018).

Menurut Khoir, ia sendiri sudah mengecek nama melalui sistem online ini.

“Saya terdaftar di DPT TPS 010, Kelurahan Rajabasa Raya, Bandar Lampung,” katanya.

Baca: Bawaslu Lampung Temukan 54.943 Data Bermasalah pada Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019

Khoir mengaku semula sempat mengira tidak masuk dalam DPT karena mencoba memasukkan nama di sistem online KPU namun selalu gagal.

Cek Mata Pilih
Cek Mata Pilih (TribunLampung/Beni Yulianto)

“Sempat berpikir gak masuk DPT karena gak muncul diaplikasi padahal sudah input NIK dn Nama yang sesuai KTP. Setelah lapor ke KPU kmudian dicek di DPT manual di Rajabasa baru ketemu, ternyata Nama depannya selip dikit berbeda dengan di KTP,” ujarnya.

Cek Mata Pilih
Cek Mata Pilih (TribunLampung/Beni Yulianto)

Sementara itu, pihak KPU terus melakukan perbaikan data terkait data pemiilih ganda yang sebelumnya ditemukan baik oleh KPU sendiri maupun masukan dari Bawaslu.

“Alhamdulillah semalam jam 21.00 WIB pencermatan kegandaan semua kab/kota di Lampung sudah cocok antara rekapitulasi dan sidalih (Sistem informasi pemilih). Terima kasih kawan2 kpu kab kota dan admin plus operator,” kata komisioner kPU Lampung Handi Mulyaningsih melalui pesan whatsapp. (*)

Penulis: Beni Yulianto
Editor: teguh_prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved