Tribun Pringsewu

Dishub Kaji Ulang Terminal Sarinongko Pringsewu

Forum Lalu Lintas Kabupaten Pringsewu mengkaji Terminal Tipe C Sarinongko, Kecamatan Pringsewu dalam rangka perencanaan penataan terminal.

Dishub Kaji Ulang Terminal Sarinongko Pringsewu
Tribun Lampung/Didik
Kadishub Pringsewu Hendrid didampingi Ketua DPC Organda Pringsewu Leswanda Putra secara simbolis menempel stiker tarif di angdes, Kamis (29/1/2015) di terminal-pasar Sarinongko. 

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Forum Lalu Lintas Kabupaten Pringsewu mengkaji Terminal Tipe C Sarinongko, Kecamatan Pringsewu dalam rangka perencanaan penataan terminal.

Kepala Dinas Perhubungan Pringsewu Hendrid mengungkapkan, terminal di halaman Pasar Sari Nongko tersebut belum memiliki fasilitas pendukung yang memadai untuk publik. Sehingga memerlukan desain yang baru buat penataannya.

"Kita melakukan pengkajian ulang, terutama terkait dampak dan rekayasa lalu lintasnya," ujar Hendrid, Jumat (28/9). Menurut Hendrid, Terminal Tipe C Sarinongko ini belum memiliki fasilitas pendukung ruang tunggu. Selain itu, masih ada jalur yang belum terbuka. yang memerlukan upaya serius. Jalur dua terminal sepanjang 100 meter terputus karena berada di tengah pasar dan jadi lapak pedagang.

Baca: Pringsewu Memungkinkan Raih Penghargaan STBM

Hendrid mengungkapkan, kalau jalan itu terbuka dapat menjadi jalur dalam, mulai dari Jalinbar simpang Pusri Sidoharjo, kemudian jalur dua yang menembus pasar/terminal Sarinongko. Sehingga bisa mengurangi kepadatan di ruas jalan utama, Jalinbar Pringsewu.

Kepala Unit Dikyasa Lalu Lintas Sat Lantas Mapolres Tanggamus Bripka Yuliansyah Idrus menuturkan penertiban jalur angkutan umum terjadi bila akses terminal sarinongko via jalur dua itu terbuka.

Baca: Kisah Pasutri Asal Pringsewu 43 Tahun Tanpa Buku Nikah

Tidak hanya itu, menurut dia, upaya tersebut juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas jalan, terutama jalur dua. "Penataan itu, supaya jalur lalu lintas lebih lancar," tukasnya.

Terminal Sarinongko berada di halaman Pasar Sarinongko. Terminal tersebut berada di ruas Jalan Pemuda Kelurahan Pringsewu Utara. Jalan Pemuda sebagai jalur lingkar untuk angkutan umum penumpang/barang yang melintas di ruas Jalinbar Pringsewu.
Lokasi terminal/pasar tersebut sangat strategis, hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari persimpangan Jalinbar dan Jalan Pemuda.

Selain itu, Pasar Sari Nongko merupakan pasar sayuran terbesar di Pringsewu. Pasar ini beroperasi 24 jam karena sebagai transit sayuran dari berbagai daerah di wilayah barat Lampung. Pasar ini pun sebagai grosir sayuran yang memasok hingga ke Bandar Lampung, Jakarta, Bengkulu dan Palembang.

---> Jangan lupa subscribe Channel YouTube Tribun Lampung News Video

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help