VIDEO - Trik Merawat Gigi Si Buah Hati Agar Tidak Renggang

Agar gigi anak dapat tumbuh rapi dan bagus harus rutin dirawat. Sebaliknya,bisa menyebabkan susunan gigi tidak rapi atau renggang.

Laporan Wartawan Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Gigi si Kecil rapi dan bagus menjadi keinginan orangtua.

Hingga usia menginjak 6 tahun, gigi susu atau gigi sulung merupakan gigi pertama yang tumbuh, berjumlah 20 buah yang terdapat pada rahang atas dan rahang bawah.

Agar gigi anak dapat tumbuh rapi dan bagus harus rutin dirawat. Sebaliknya, gigi susu sejak anak usia dini tidak dirawat, bisa menyebabkan susunan gigi tidak rapi atau renggang.

drg Kustini Indah Setiyowati, Sp.KGA menjelaskan, awal mula terjadinya gigi tidak rapi, saat gigi susu tumbuh rapat dengan gigi susu lainnya.

Baca: VIDEO - Tribuana Ardhia Garini Berbagi Kisah Hobi Koleksi Tas Branded

Akibatnya saat gigi susu tanggal, gigi tetap yang menggantikannya tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh karena ukuran gigi tetap relatif lebih besar dibandingkan dengan gigi susu.

"Gigi susu rapat menandakan kalau pertumbuhan rahang anak kurang bagus. Kalau pertumbuhannya bagus, pasti gigi susu akan tumbuh renggang," kata dokter gigi yang kesehariaannya praktek di Geo Dental Care itu.

Menurutnya, anak memiliki gigi renggang sebaiknya langsung dibawa ke dokter gigi agar bisa dilakukan tindakan ortodentik interseptik.

Baca: Belajar Jejak Masa Lalu di Situs Batu Bedil Tanggamus

Tindakan berupa kawat lepasan atau mayobrace, tergantung dari pemicu gigi berantakan.

Pertumbuhan rahang tidak bagus juga dipicu kebiasaan buruk. Contohnya, menghisap jari, mengigit kuku, dan ngedot hingga usia lima tahun.

"Sebisa mungkin orangtua harus menghilangkan kebisaan buruk itu. Memang tidak mudah karena bisa jadi anak akan langsung menangis, marah, atau memberontak," ujarnya.

Baca: 7 Trik Mudah Dapatkan Tarif Hotel Harga Murah

Kustini mengimbau, orangtua merawat gigi anak dengan cara menggosok gigi si buah sebelum tidur. Jangan biarkan anak langsung tidur setelah minum susu, karena susu bisa membuat gigi anak menjadi keropos.

Menggosok gigi juga harus dilakukan saat pagi hari setelah sarapan. Kemudian saat anak selesai makan atau minum yang manis orangtua harus membiasakan anak langsung berkumur.

Perawatan lainnya orangtua juga harus memeriksakan gigi anak minimal enam bulan sekali jika tidak ada karies. Jika ada karies minimal tiga bulan sekali. (*)

Tags
Smart Kidz
Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help