Tribun Pesawaran

Pemkab Pesawaran sambut kunjungan BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung

Pemkab Pesawaran terima Kunjungan Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung Perihal Pengelolaan DD dan ADD

Pemkab Pesawaran sambut kunjungan BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung
Istimewa
Pemkab Pesawaran terima Kunjungan Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung Perihal Pengelolaan DD dan ADD 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID Pesawaran - Pemkab Pesawaran Menerima Kunjungan Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung dalam Rangka Pembinaan, Pengawasan dan Pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2015 sampai dengan Semester I Tahun 2018.

Kunjungan yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Pesawaran tersebut berlangsung di Ruang Kerja Wakil Bupati pada Senin (1/10/2018).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ibu Herny Widiyasih beserta kedua timnya yaitu Hasan Sulaiman dan Linda Oktavia.Selain itu hadir pula Sekda, Asisten III, Ka. Inspektorat, Kepala BPKAD, Kadis Hub, beserta Kadis PMD.

Alokasi Dana Desa adalah, anggaran keuangan yang diberikan pemerintah kepada desa, yang mana sumbernya berasal dari Bagi Hasil Pajak Daerah serta dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah yang diterima oleh kabupaten. Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 37 tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa di dalam Pasal 18 menyatakan bahwa, “Alokasi Dana Desa berasal dari APBD Kabupaten / Kota yang bersumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten / Kota untuk desa paling sedikit 10 % (sepuluh persen).

Sedangkan Dana desa adalah, dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana desa di alokasikan dari APBN berdasarkan Pasal 72 Ayat 1 Huruf b UU No 6/2014 tentang Desa.

Tujuan pemerintahan Pusat memberikan Dana Desa pada prinsipnya adalah, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help