Tribun Metro

Petani di Metro Diminta Waspadai Hama Wereng

Pemerintah Kota Metro memperkirakan hasil padi di wilayah setempat mengalami surplus sebanyak 8.000 ton per tahun

Petani di Metro Diminta Waspadai Hama Wereng
Wali Kota Metro Pairin saat memberikan hadiah kepada peserta lomba, di sela-sela peringatan Hari Pangan ke-38 se-Dunia dan Hari Ikan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Jumat (5/10). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota Metro memperkirakan hasil padi di wilayah setempat mengalami surplus sebanyak 8.000 ton per tahun. Ini berdasarkan kalkulasi dari lahan potensial seluas 1.771 hektare.

Wali Kota Achmad Pairin menuturkan, hingga saat ini produksi padi di Metro sangat baik. Pun demikian dengan kebutuhan pupuk yang tercukupi, karena petani setempat telah menggunakan sistem penebusan via Bank.

Baca: PKK Metro Diganjar Penghargaan Pakarti Madya I Nasional

"Hanya saja yang perlu diwaspadai kegagalan panen petani akibat wereng. Itu harus disikapi dan dicarikan jalan keluar guna tercapainya produksi padi yang maksimal," terangnya, saat pencanangan Hari Pangan ke-38 se-Dunia dan Hari Ikan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Jumat (5/10).

Baca: Pairin Panggil Disdik Soal Temuan 500 Anak Putus Sekolah

Untuk itu, ia meminta adanya kajian apa yang menyebabkan wereng menyerang tanaman padi petani. Karena sejak beberapa tahun belakangan, hasil panen padi di Metro selalu surplus dan mencukupi kebutuhan166 ribu jiwa. Dengan begitu, diharapkan produksi tidak terganggu masalah hama.

Sementara Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Metro Lucia Parjiem menuturkan, saat ini lahan potensial yang ada di Bumi Sai Wawai seluas 2.895 hektare. Hanya saja, sebagian ditanami palawija dan sayuran.

"Tapi, untuk lahan potensial yang ada itu mampu menghasilkan rata-rata 5,6 ton per hektare. Jika dikalikan dengan luas lahan sebanyak 1.771 hektare, maka untuk memenuhi kebutuhan beras penduduk mengalami kelebihan yang cukup tinggi. Sekitar 8.000 ton," tuturnya.

Pencanangan Hari Pangan ke-38 di Kota Metro diisi dengan berbagai lomba. Di antaranya, membuat makanan serba ikan serta jajanan pasar. (dra)

---> Jangan lupa subscribe Channel YouTube Tribun Lampung News Video

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help