Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Yuk Kenali Komedo dan Cara Mengatasinya

Komedo pada wajah sering dikeluhkan wanita karena bisa membuat wajah menjadi tampak tidak menarik.

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Komedo pada wajah sering dikeluhkan wanita karena bisa membuat wajah menjadi tampak tidak menarik. Bagaimana komedo bisa muncul?

Owner KnK Clinic dr. Destriana Hasan mengatakan, komedo adalah benjolan yang biasa disebut sebagai papul dalam medis. Komedo ada dua jenis, yakni komedo hitam (black head) dan komedo putih (white head).

Baca: VIDEO - Tips Atasi Komedo Bersama dokter Evi Meilisa

Black head bentuknya seperti bintik-bintik hitam. Black head merupakan komedo paling ringan, sehingga jarang sekali menjadi jerawat. Namun black head bisa membuat pori-pori jadi membesar. Sedangkan white head adalah komedo yang letaknya berada dibawah permukaan kulit. White head sering disebut sebagai jerawat.

Baca: Tujuh Cara Mudah Bebaskan Wajah dari Komedo

Penyebab komedo paling sering penyumbatan pori-pori dibawah permukaan kulit. Khusus white head bisa juga disebabkan bakteri. Bahkan bakteri bisa membuat komedo sampai meradang sehingga penanganannya harus dengan antibiotik. Namun penyebab itu jarang sekali ditemukan.

Komedo bukan hanya muncul pada usia diatas 17 tahun. Dibawah 17 tahun juga bisa terkena. Komedo biasanya menyerang kulit berminyak. Faktor pemicunya  adalah kebiasaan tidak mencuci muka terutama setelah beraktivitas diluar rumah. Sehingga debu dan kotoran yang menempel selama beraktivitas diluar rumah menyumbat pori-pori. Kulit kering bisa juga terserang jika kulit terkena make up dan pelembab yang tidak cocok dengan kulit. (*)

 Sumber: Facebook Tribun Lampung

Videografer: Okta Kusuma Jatha

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved