Tribun Tanggamus

Baru 18 Pekon di Tanggamus yang Serahkan LPj ADD

BPMD Tanggamus mengatakan, untuk sementara dana desa yang cair untuk pencairan tahap tiga bersumber dari anggaran daerah.

Baru 18 Pekon di Tanggamus yang Serahkan LPj ADD
Edunews.id
Dana Desa 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanggamus mengatakan, untuk sementara dana desa yang cair untuk pencairan tahap tiga bersumber dari anggaran daerah. Menurut Kepala BPMD Tanggamus Idham Khalid, itu karena dana dari Kementerian Keuangan belum cair. Pasalnya, sampai saat ini baru 18 pekon, dari 299 pekon, yang menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPj).

Baca: Dana Desa Boleh Dipergunakan untuk Bangun PAUD

Adapun pencairan dana dari pusat harus memenuhi syarat minimal 200 pekon telah menyerahkan LPj. "Sampai saat ini setengahnya dari jumlah pekon saja belum serahkan LPj. Ini sementara kami cairkan dari daerah, sebab kalau harus menunggu dana pusat terlalu lama. Tujuan lainnya agar pekon yang sudah serahkan LPj tidak terhenti program pembangunannya," terang Idham. ," ujar Idham.

Baca: Dana Desa Pesawaran Turun Jadi Rp 135,482 Miliar

Ia mengaku, langkah ini merupakan solusi agar pelaksanaan program Dana Desa tidak terhenti akibat seluruh pekon belum menyerahkan LPj. LPj yang disyaratkan adalah laporan pekerjaan dari pencairan tahap I dan LPj tahap II.

Ia mengaku, pencairan lewat anggaran daerah untuk sementara tidak masalah karena dibolehkan dalam petunjuk teknis Dana Desa. Namun dana tidak sembarang dicairkan karena pekon yang menerima harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu.

Pekon yang sudah menyerahkan LPj di antaranya Pekon Sanggi, Sanggi Unggak, Banding di Kecamatan Bandar Negeri Semong, Pekon Kota Batu di Kecamatan Kota Agung, Pekon Sukajaya, Srikaton, Sudimoro di Kecamatan. Semaka, dan 12 pekon di Kecamatan Pematang Sawa.

Dana Desa tahun 2018 terdiri dari empat sumber. Rinciannya murni Dana Desa total Rp 248 miliar lebih dari pusat, alokasi dana pekon Rp 83 miliar dari Pemkab Tanggamus, dana bagi hasil pajak Rp 2 miliar lebih, bagi hasil retribusi Rp 443 juta lebih dari Pemkab Tanggamus dan Pemprov Lampung.

Semua itu untuk kuota setahun yang dicairkan dalam tiga tahap pencairan. Harapannya seluruh pekon sebelum akhir 2018 telah menerima seluruh Dana Desa. Pencairan lewat anggaran daerah sekarang ini merupakan sebagai pancingan agar pekon yang belum agar segera menyerahkan Lpj secepatnya untuk persyaratan pencairan tahap ketiga. (tri)

---> Jangan lupa subscribe Channel YouTube Tribun Lampung News Video

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help