Seru dan Seriusnya Stocklab Competition Investival 2018

Satu hal yang menarik perhatian di sela pembukaan Investival 2018 adalah digelarnya Stocklab Competition.

Seru dan Seriusnya Stocklab Competition Investival 2018
Tribunlampung/Ana
Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Lampung Hendi Prayogi (kiri) dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung Indra Krisna (berbatik biru) menyaksikan Stocklab Competition Investival 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Gelaran Indonesia Investment Festival (Investival) 2018 sudah dimulai pada Senin (8/10) siang. Kegiatan yang terpusat di atrium Mal Boemi Kedaton ini didominasi oleh para mahasiswa dan mahasiswi dari 5 perguruan tinggi yang ada di Lampung.

Satu hal yang menarik perhatian di sela pembukaan Investival 2018 adalah digelarnya Stocklab Competition.

Sejumlah meja bundar dengan lima kursi di masing-masing meja tersusun rapi di satu sisi atrium. Nampak di kursi-kursi tersebut para mahasiswa yang tampak serius mengikuti jalannya kompetisi dari Stocklab ini.

Baca: Tes Penerimaan CPNS Mesuji Akan Digelar di Metro, Jadwal Masih Dibahas

Sekilas, kelima orang tersebut nampak seperti tengah bermain menggunakan kartu. Namun sejatinya, mereka tengah berada pada representasi investasi di dunia pasar modal dengan arahan satu orang juri dan satu orang bankir di masing-masing kelompok.

Baca: VIDEO CONTENT - KPK Soroti PNS Koruptor di Lampung

Salah satu peserta yakni Meliana, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Metro mengatakan, ini adalah kali pertamanya ia ikut Stocklab Competition. Untuk kompetisi ini ia mengaku hanya persiapan dua hari.

Menurut dia, diperlukan trik-trik khusus agar bisa mendapatkan banyak koin pada permainan ini.

"Yang pasti harus pintar memilih kartunya, kita lihat kartu itu nilainya bagus atau tidak. Kemudian lihat juga harga sahamnya, cari waktu yang tepat untuk menjual ataupun membeli saham. Terus kalau pas Bidding, itu (uangnya) jangan sampai ketahuan investor lain," jelas dia.

Meli mengaku, dengan games ini, membuatnya mendapat gambaran lebih luas mengenai transaksi di pasar modal, serta menambah wawasan mengenai pasar modal.

Peserta lainnya yang berhasil meraih nilai tertinggi yakni 67 poin di kelompoknya, Nani Sekarsari mengatakan, Stocklab Competition ini sebenarnya gampang-gampang saja apabila paham betul dengan jalan permainannya.

Halaman
12
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved