Tribun Bandar Lampung

20 Oktober PDAM Mulai Pasang Jaringan Pipa Proyek SPAM

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau Kota Bandar Lampung direncanakan akan mulai melakukan pemasangan konstruksi proyek

20 Oktober PDAM Mulai Pasang Jaringan Pipa Proyek SPAM
AZP Gustimego 

Laporan Reporter Tribun Lampung Romi Rinando 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau Kota Bandar Lampung direncanakan akan mulai melakukan pemasangan konstruksi proyek Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung pada 20 Oktober 2018.

Pemasangan konstruksi  dilakukan dengan pemasangan pipa sepanjang 22 kilometer  mulai  Desa Rulung Helok, Natar, Lampung Selatan  sampai Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Ini termasuk  pemasangan konstruksi pompa intake dan reservoir.

Baca: Upaya PDAM Tangani Air yang Tidak Mengalir

Menurut Direktur Utama PDAM  AZP Gustimego, pemasangan konstruksi proyek SPAM ini  akan dilakukan secara bertahap. Diharapkan tahun 2010 proyek ini  selesai dan akan mampu memproduksi air sebanyak 750 liter per detik. 

Menurut dia, pembangunan  proyek SPAM  Kota Bandar Lampung ini akan melayani  300 ribu penduduk yang ada di delapan kecamatan, di antaranya  Sukarame, Kedamaian, Rajabasa, Kedaton, Way Halim, Sukabumi, dan Tanjungsenang.

Baca: Sudah Berusia 30-40 Tahun, Pipa-pipa Air PDAM Way Rilau Banyak yang Bocor

 “Nanti distribusi air  langsung ke rumah-rumah warga. Targetnya kita terima air dari sumbernya sampai  bak penampungan di Ramayana, 725 liter perdetik ,  dan langsung dialiri ke  60 ribu  pelanggan atau setara   dengan 300 ribu masyarakat,”  kata  AZP Gustimego, seusai rapat koordinsi dengan beberapa lurah dan camat  di Bandar Lampung dan Lampung Selatan, di Hotel Sheraton, Rabu (10/10). 

Dia menambahkan, pembanguan konstruksi proyek SPAM Kota Bandar Lampung ini  nantinya akan memiliki dampak sosial. Oleh karena itu sudah melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan dan  kecamatan yang daerahnya akan terdampak akibat pembangunan tersebut.

 “Makanya kita hari ini rapat kordinasi, dan kami juga akan libatkan Babinsa, Koramil, dan polsek. Karena saat pemasangan pipa ini akan memiliki dampak sosial, mulai dari debu, gangguan lalu lintas dan lain-lain,” pungkasnya.

Proyek SPAM di Kota Bandar Lampung menelan anggaran sekitar  Rp 1,2 triliun,  dan  merupakan  proyek strategis nasional  yang digarap  Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, bersama Pemerintah  Bandar Lampung, dan PDAM Way Rilau. (rri) 

Penulis: Romi Rinando
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved