Tribun Tulangbawang

Polres akan Bantu Dishub Razia Truk di Atas 8 Ton

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulangbawang akan membidik kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase dan dimensi

Polres akan Bantu Dishub Razia Truk di Atas 8 Ton
Tribunlampung/Didik
ILUSTRASI - Truk Muatan Tanah Rusak Jalan Lingkungan 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG -  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulangbawang akan membidik kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase dan dimensi yang melintas di jalan raya.

Kasatlantas Polres Tuba AKP Agustinus, Rabu (10/10), mengatakan, tindakan tegas terhadap kendaraan melebihi tonase dan dimensi itu akan dilakukan di semua ruas jalan.

Tidak hanya di jalan nasional ruas Simpang Penawar-Rawajitu, namun juga setiap jalan protokol di Tuba.

Baca: Warga Keluhkan Truk Melebihi Tonase Lintasi Jalan KS Tubun

Pada Juli lalu Bupati Tuba Winarti mengeluarkan Surat Edaran (SE) No. 658/074/V.13/TB/VII/2018 tentang imbauan untuk mengurangi muatan di bawah 8 ton bagi pemilik kendaraan angkutan barang .

Imbauan dalam SE yang dikeluarkan sejak Juli 2018 lalu itu sementara fokus bagi kendaraan angkutan barang yang melintas di jalan nasional ruas Simpang Penawar-Rawajitu.

Baca: Keluarkan Surat Edaran Pembatasan Tonase Kendaraan, Winarti Ajak Masyarakat Pelihara Jalan

Terkait keluarnya SE Bupati itu, Agustinus mengatakan, diminta atau tidak diminta dinas perhubungan, satlantas akan mengambil langkah tegas terhadap kendaraan angkutan yang melebihi muatan dan dimensi.

"Sudah menjadi tugas kami untuk menindak, kami siap untuk mendampingi dishub kalau akan menggelar razia gabungan," terang Agustinus, Rabu (10/10).

Razia tersebut, menurut Agustinus, penting untuk menjaga dan mencegah terjadinya kerusakan jalan karena tidak kuat menahan beban kendaraan. "Kapan pun kami siap," tandas mantan Kasatlantas Polres Lampung Barat itu.

Sebelumnya, Kadishub Tuba Tuhir Alam mengatakan, sejauh ini pihaknya baru sebatas sosialisasi SE tersebut kepada camat dan pemilik kendaraan.

Tuhir belum dapat memastikan waktu pelaksanaan razia gabungan untuk menindak kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase. "Nanti kita koordinasi dengan satlantas untuk razia gabungan," tandas Tuhir.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help