Tribun Pringsewu

Pringsewu Sabet Penghargaan Sanitasi Terbaik Kedua Nasional

Semua OPD bertanggung jawab di masing-masing kecamatan yang melibatkan uspika (polsek dan TNI).

Pringsewu Sabet Penghargaan Sanitasi Terbaik Kedua Nasional
Istimewa
Penyerahan STBM Award oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Auditorium Siwabesi Gedung Adhiyatma Kementerian Kesehatan, Kamis, 18 Oktober 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Pemkab Pringsewu mendapatkan penghargaan STBM Award berkelanjutan kategori kabupaten inovasi terbaik II nasional untuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Peringkat pertama dalam inovasi STBM diraih oleh Pemerintah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan peringkat ketiga ditempati Pemerintah Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah.

Piagam dari Menteri Kesehatan Nila Moeloek diterima oleh Asisten I Pemkab Pringsewu Zuhairi di Auditorium Siwabesi Gedung Adhiyatma Kementerian Kesehatan, Kamis, 18 Oktober 2018.

"Kabupaten Pringsewu dalam program STBM banyak melahirkan regulasi. Di antaranya, Perbub  Percepatan Universal Akses, Gebrak ODF, serta Satgas ODF yang diketuai oleh wakil bupati Pringsewu," ujar Zuhairi.

Baca: Pesta Sabu, Wanita Muda asal Pringsewu Diciduk Polisi

Baca: Penerimaan CPNS 2018 - 9.190 Pelamar di Pringsewu, 744 Berkas Tak Lolos Verifikasi

Satgas, lanjut dia, beranggotakan seluruh OPD. Kemudian melakukan action bersama baik pemicuan, dan monev rutin oleh semua OPD dan semua sektor yang terkait.

Semua OPD bertanggung jawab di masing-masing kecamatan yang melibatkan uspika (polsek dan TNI).

Keberhasilan Kabupaten Pringsewu dalam mencapai target ODF dan sukses dalam pelaksanaan program STBM tidak terlepas dari peran sejumlah pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan LSM.

Yayasan Konservasi Way Seputih yang sejak 2016 hingga saat ini terus melakukan upaya advokasi untuk Sanitasi dan Air Bersih (WASH) di Kabupaten Pringsewu terus mendorong pemerintah daerah Pringsewu untuk melahirkan kebijakan baik peraturan mau peningkatan anggaran.

"Kami terus mendorong pemerintah daerah Pringsewu untuk terus konsisten dan berinovasi dalam bidang sanitasi. Untuk melahirkan regulasi, menguatkan kelembagaan dan meningkatkan anggaran bidang sanitasi," ujar Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati. (*)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved