Tribun Metro

Tahun Depan, DPRD Usulkan Raperda Tugas Fungsi DPKP

Komisi I DPRD Metro akan mengusulkan raperda tugas dan fungsi Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) tahun depan.

Tahun Depan, DPRD Usulkan Raperda Tugas Fungsi DPKP
Paripurna Penyampaian Empat Raperda DPRD Metro 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi I DPRD Metro akan mengusulkan raperda tugas dan fungsi Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) tahun depan.

Ketua Komisi I Basuki menjelaskan, DPKP merupakan satker baru di Pemkot Metro. Karenanya, perlu ada payung hukum yang mengatur tentang tanggung jawab atau tupoksi. Ini untuk menghindari adanya tumpang tindih dengan dinas lain.

Baca: DPRD Metro: Lelang Jabatan Pemkot Harus The Right Man In The Right Place

"Jadi nanti Raperda ini terkait tanggung jawab dinas dan bagian-bagian dinas ini. Agar tidak tumpang tindih dengan Dinas PUTR. Misalnya jalan lingkungan itu wewenang siapa. Nah, kemungkinan tahun 2019 akan kita usulkan," ujar Basuki, Minggu (21/10).

Menurutnya, DPKP harus mengawasi perumahan dan pemukiman, mulai dari sanitasi sampai potensi konflik sosial. Terlebih Kota Metro telah memiliki banyak perumahan yang saat ini belum diawasi.

Baca: DPRD Metro Ingin Disdik Prioritaskan Anggaran untuk Pembangunan SDM

"Ya itu yang dititik beratkan. Namanya saja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, jadi soal perumahan atau developer perumahan itu kan perlu diawasi. Kita juga harus bersiap untuk program Kotaku dari pemerintah pusat," bebernya.

Raperda akan mencakup hal-hal yang berkaitan dengan perumahan. Ia menilai, secara umum program pembangunan di DPKP telah berjalan dengan baik. Tetapi memang perlu adanya inovasi. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved