Pastikan Miliki Ini Sebelum Mencoba Olahraga Berkuda

Bagi pemula yang ingin belajar berkuda harus memiliki kepercayaan diri dan terbuka terhadap hal baru.

Pastikan Miliki Ini Sebelum Mencoba Olahraga Berkuda
Tribunlampung/Sulis
Suasana berlatih kuda di Riverside Ranch Natar 

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pelatih kuda di pacuan kuda Riverside Ranch Natar Sandi mengatakan, bagi pemula yang ingin belajar berkuda harus memiliki kepercayaan diri dan terbuka terhadap hal baru.

Di arena pacuan kuda Dusun Muhajirun, Negara Ratu, Natar,  Lampung Selatan ini, kuda-kudanya memang terlatih sebagai kuda pacuan. 

Baca: Pengalaman Saprul Al Hadi Berkuda: Pernah Ditendang Hingga Jatuh

"Percaya diri dulu, terus bangun komunikasi yang baik dengan kuda yang hendak ditunggangi penting demi lancarnya saat menungganginya nanti," kata Sandi. 

Sebelum berkuda, perlu dipelajari terlebih dahulu cara membangun kontak dengan kuda. Kontak dengan kuda lewat mulut dan kaki. 

Baca: Cewek Cantik Ini Rela Peluk Kuda Demi Bangun Chemistry dengan Tunggangannya

"Kalau pakai kaki kita sentuh di bagian perut kuda pakai kaki kita untuk menyuruh kuda menambah kecepatan. Kalau pakai mulut dengan mengeluarkan bunyi seperti ckckckckck agar kuda jalan dengan sedikit menarik pelananya," jelasnya. 

Selain itu, untuk lebih luwes berkuda juga jangan hanya menunggang satu kuda yang sama.

Baca: Olahraga Berkuda Recommended untuk Program Diet

"Pemula harus banyak gonta ganti kuda. Jadi paham karakter kuda yang berbeda-beda. Karena ada muda yang lebih sensitif atau peka," beber Sandi. 

Sandi menyarankan, agar saat berkuda memakai standar keamanan berkuda. Sehingga saat terjatuh atau terpelanting dalam kondisi siap.

Pengaman yang dipakai saat berkuda seperti memakai helem khusus berkuda atau topi savety, sarung tangan, protector set, dan sepatu berkuda.(*)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved