Advetorial

Kementerian Desa PDTT Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan Air Minum Dan Sanitasi Pedesaan

Kementerian Desa PDTT Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan Air Minum Dan Sanitasi Pedesaan dalam program PAMSIMAS

Kementerian Desa PDTT Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan Air Minum Dan Sanitasi Pedesaan
Istimewa
Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober – 2 Nopember 2018 di Hotel Emersia dan Resort Lampung 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG - Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional [RPJMN] 2015-2019, pemerintah indonesia meluncurkan Program nasional Akses Universal Air Minum dan Sanitasi tahun 2019 dengan capaian target 100% akses air minum dan sanitasi bagi seluruh penduduk indonesia.

Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) telah menjadi salah satu program andalan untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum aman dan sanitasi yang layak.

Peserta merupakan pengelola Program Pamsimas Provinsi, 12 Kabupaten lokasi Pamsimas se-Lampung dari unsur Dinas PMD, Dinas PU, Asosiasi KP-SPAMS dan juga Tenaga Pendamping Desa (P3MD) khusnya TA. TTG
Peserta pelatihan pemantapan operasional Rencana Kerja Masyarakat (RKM) Desa Pamsimas TA.2018 Provinsi Lampung (Istimewa)

Program PAMSIMAS adalah salah satu program Pemerintah dalam rangka mewujudkan pencapaian target RPJMN tersebut yang dikelola 4 kementerian, yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Desa PDTT yang dikoordinir oleh Bappenas.

Kementerian Desa PDTT mempunyai tugas dalam pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif, dan partisipasi aktif masyarakat dalam memutuskan, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengoperasikan dan memelihara sarana yang telah dibangun.

Suasana Pelatihan pemantapan operasional Rencana Kegiatan Masyarakat Desa Pamsimas TA.2018 Provinsi Lampung
Suasana Pelatihan pemantapan operasional Rencana Kerja Masyarakat (RKM) Desa Pamsimas TA.2018 Provinsi Lampung (Istimewa)

Salah satu upaya Kementerian Desa PDTT untuk  meningkatkan kualitas perencanaan masyarakat ini adalah memberikan bekal pengetahuan kepada pengelola Program Pamsimas tingkat kabupaten khususnya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)/sebutan lain,  melalui “Pelatihan pemantapan operasional Rencana Kerja Masyarakat (RKM) Desa Pamsimas TA.2018 Provinsi Lampung”.

Salah satu lokasi kegiatan pelatihan ini adalah Provinsi Lampung, yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober – 2 Nopember 2018 di Hotel Emersia dan Resort, Lampung yang dihadiri oleh seluruh pengelola Program Pamsimas Provinsi, 12 Kabupaten lokasi Pamsimas se-Lampung dari unsur Dinas PMD, Dinas PU, Asosiasi KP-SPAMS dan juga Tenaga Pendamping Desa (P3MD) khusnya TA. TTG. Saat ini Pamsimas Provinsi Lampung dilaksanakan di 524 Desa yang tersebar di 12 kabupaten.

Kasubdit Lingkungan Hidup Direktorat PSDA-TTG, Ditjen PPMD Kemendesa, Drs. Sofyan Johan, MA yang ditemui saat wawancara bersama media
Kasubdit Lingkungan Hidup, Direktorat PSDA-TTG, Ditjen PPMD Kemendesa, Drs. Sofyan Johan, MA yang ditemui saat wawancara bersama media (Istimewa)

“Dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan untuk pembangunan air minum  dan sanitasi Pedesaan, Program Pamsimas memfasilitasi masyarakat desa untuk menyusun dokumen Rencanaan Pembangunan Jangka Menengah Program Air Minum Kesehatan dan Sanitasi (PJM Pro AKSI) sehingga dapat menjadi bahan masukan RPJM Desa dan RKP Desa bagi Pemerintah Desa untuk mendukung perencanaan mempercepat akses air minum dan sanitasi pedesaan”. Tutur Kasubdit Lingkungan Hidup Pendayagunaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, mewakili Direktur Pendayagunaan SDA dan TTG,  Drs.Sofyan Johan, MA  dalam sambutan penutupan pelatihan tersebut.

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved