Video Tribun Lampung

VIDEO - Bupati Loekman Kemudikan Bus Pantau Pilkakam

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengemudikan bus Pemkab Lamteng sementara jajarannya ikut di dalamnya, saat memantau kegiatan Pilakakam.

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR MATARAM – Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengemudikan bus Pemkab Lamteng sementara jajarannya ikut di dalamnya, saat memantau kegiatan Pilakakam (Pemilihan Kepala Kampung) di Rumbia dan sekitarnya, Senin, 5 November 2018.

Di antara peserta Pilkakam di 49 kampung, satu kampung di Kecamatan Bandar Mataram, Lampung Tengah batal menyelenggarakan Pilkakam serentak. Alasannya, kampung tersebut menambahkan aturan yang tidak sesuai dengan regulasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kampung (DPMK) Lamteng, Zulfikar Irwan menjelaskan, akibat aturan tambahan tersebut panitia membubarkan diri. Pemkab bersikukuh tidak bisa mentolerir kemauan panitia penyelenggara.

"Ada tambahan ketentuan (tidak bisa disebutkan) terkait keinginan dari sejumlah tokoh masyarakat dan adat di sana. Sehingga tidak bisa kita akomodir karena tidak sesuai regulasi yang ada seperti Peraturan Kementerian Dalam Negeri, Peraturan Daerah, hingga Peraturan Bupati," terang Zulfikar Irwan.

Sementara Bupati Loekman Djoyosoemarto menjelaskan, pihaknya akan tetap menempatkan pelaksana tugas (Plt) di Kampung Sri Rejeki.

"Kita sudah carikan solusinya dengan duduk bersama antara dinas terkait dan tokoh masyarakat di sana. Penyelenggaraan (Pilakakam) harus sesuai dengan peraturan yang ada tidak bisa ditambah-tambah dan dikurangi. Untuk Sri Rejeki kita akan tunda hingga 2019. Sementara kepala kampungnya akan kita serahkan kepada pelaksana tugas," ujar Loekman. (*)

Sumber: Facebook Tribun Lampung

Videografer: Okta Kusuma Jatha

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved