Festival Sumur Putri

Kali Akar, Tempat Refreshing Alternatif di Bandar Lampung

Berlokasi di Sumur Putri, Telukbetung Utara, masyarakat lebih mengenal Kali Akar sebagai tempat penampungan air.

Kali Akar, Tempat Refreshing Alternatif di Bandar Lampung
Tribun Lampung
Penari unjuk kebolehan pada pembukaan Festival Sumur Putri di Kali Akar, Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Utara, Bandar Lampung, Kamis (9/11/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG BAYU SAPUTRA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Ada satu lagi tempat refreshing di Bandar Lampung: Kali Akar. Berlokasi di Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Utara, masyarakat lebih mengenal Kali Akar sebagai tempat penampungan air. Namun, Pemkot Bandar Lampung berinisiatif menyulapnya menjadi tempat refreshing alternatif.

Untuk mengenalkan Kali Akar sebagai tempat refreshing baru di Bandar Lampung, pemkot menghelat Festival Sumur Putri, Kamis (9/11/2018).

Ada beberapa jenis lomba pada festival ini. Seperti lomba menyanyi lagu anak dengan peserta sebanyak 172 orang dan lomba lagu guru (196 peserta). Ada pula lomba menggambar (103 peserta), lomba mewarnai (89 peserta), hingga lomba mural guru (20 kelompok) dan lomba mural bernuansa Lampung (85 peserta).

Astuti, warga Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat, antusias menghadiri Festival Sumur Putri. Ia pun setuju Kali Akar menjadi tempat refreshing alternatif di Kota Tapis Berseri.

"Di daerah ini sepi, apalagi kalau melintas pas malam. Kalau jadi tempat refreshing, setelah peresmian nanti setidaknya bisa lebih ramai," tuturnya.

Di Kali Akar ini, Pemkot Bandar Lampung akan membuat ornamen khas Lampung melalui seni mural. Seperti siger, gajah, dan kain tapis. Selain itu, akan ada jembatan serta fasilitas bermain untuk anak-anak macam ayunan dan perosotan.

"Ke depan, kami proyeksikan Kali Akar jadi tempat wisata alternatif. Warga bisa menikmati air yang mengalir di sini, bisa foto-foto bersama keluarga, karena segmentasinya nanti untuk keluarga," jelas Wali Kota Bandar Lampung Herman HN kepada awak media usai membuka Festival Sumur Putri.

Kepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung M Yudhi menjelaskan, Kali Akar bisa menjadi tempat refresing baru bagi masyarakat, sekaligus bertujuan melestarikan budaya Lampung.

"Lukisan mural akan kami pampang di dinding Kali Akar, dengan harapan bisa mengangkat nama Lampung agar lestari sampai kapan pun," katanya.

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved