Tribun Metro

DPRD Desak e-Parking di Sumur Bandung Tahun Ini

Komisi III DPRD Metro mendesak penerapan e-parking di kawasan Sumur Bandung segera direalisasikan tahun ini.

DPRD Desak e-Parking di Sumur Bandung Tahun Ini
TRIBUNLAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
kompleks pertokoan Sumur Bandung Kota Metro 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi III DPRD Metro mendesak penerapan e-parking di kawasan Sumur Bandung segera direalisasikan tahun ini. Mengingat anggaran sudah disepakati sejak tahun 2017.

Baca: Wali Kota 10K akan Jadi Agenda Tahunan

Ketua Komisi III Hendri Susanto mengatakan, pihaknya mempertanyakan kenapa e-parking yang dimaksudkan untuk mendukung kontribusi PAD realisasinya molor., padahal sudah lama dirancang.
"Kita minta Pemkot melalui satkernya untuk merealisasikan tahun ini juga, sudah dianggarkan dari 2017. Kita tunggu realisasinya. Ini kan supaya lebih optimal PAD kita dari sektor retribusi," bebernya, Minggu (11/11).

Sementara anggota Komisi III Zas Dianur Wahid menilai, e-parking merupakan salah satu upaya untuk menekan parkir ilegal atau potensi kebocoran PAD melalui sektor tersebut. Karena sistem serupa yang berjalan di RSUD Ahmad Yani pendapatannya meningkat tajam.

Baca: Mulai Hari Ini PLN Tertibkan Sambungan Listrik Ilegal di Metro

Ia juga meminta, metode pengelolaan parkir di Bumi Sai Wawai diubah dengan sistem bayar berlangganan. Pemkot melakukan inovasi secara agresif dalam mencari maupun mendambah sektor PAD, yang disesuaikan dengan pola-pola kekinian. Dengan lebih transparan dan akuntabel.

Dicontohkannya, daerah Sidoarjo, Jawa Timur menerapkan biaya lebih murah dan minim penyelewengan. Karena biaya parkir dibebankan saat bayar pajak STNK. "Jadi itu berbarengan. Diberi stiker atau kartu. Plat luar baru bayar," ungkapnya.

Dengan demikian, warga Kota Metro tidak lagi membayar pada titik-titik parkir yang dikelola dan terdata pemerintah. Karena langsung bayar per tahun berbarengan dengan bayar pajak. Sehingga lebih menghemat dan PAD parkir lebih riil. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved