Tribun Pesawaran

2.338 Pengendara Ditilang Selama Ops Zebra Krakatau, Dominan Usia Produktif

Tilang diberikan sejak awal pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2018, 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018.

2.338 Pengendara Ditilang Selama Ops Zebra Krakatau, Dominan Usia Produktif
Tribunlampung/Didik
Sat Lantas Polres Pesawaran bekerjasama dengan Brigif Marinir melaksanakan razia Operasi Zebra Krakatau 2018, Minggu (11/12) kemarin di Jalan Raya Way Ratai, Hanura. 

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan C

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Tercatat sebanyak 2.338 pengendara di wilayah hukum Polres Pesawaran mendapat ganjaran tilang lantaran telah melakukan pelanggaran lalu lintas.

Tilang diberikan sejak awal pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2018, 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pesawaran AKP Ridho Rafika mengatakan jumlah tersebut yang terdata hingga Senin (12/11) malam. Ridho mengungkapkan, pihaknya mengelompokkan menjadi tiga usa pelanggar ketertiban berlalu lintas.

Baca: Ibu Bersenang-senang dengan Pacarnya, Sang Anak Meninggal Kelaparan Dikunci di Toilet Selama 3 Hari

Lanjut Ridho, usia yang dominan melakukan pelanggaran lalu lintas merupakan kategori usia dewasa atau produktif, umur antara 21 sampai dengan 40 tahun. "Untuk usia 21-40 tahun, jumlahnya ada 1.380 pelanggar," ungkap Ridho, Senin malam.

Kemudian, golongan usia 0-20 tahun ada 494 pelanggar dan kelompok usia 41-60 tahun sebanyak 464 pelanggar. Jenis pelanggarannya dominan tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman dan tidak memiliki kelengkapan surat menyurat.

Baca: Kecelakaan Beruntun di Jalinbar Gedong Tataan Libatkan 5 Kendaraan, Korban Luka-luka

Ridho menyebutkan, profesi yang paling banyak melakukan pelanggaran dominan, mahasiswa, pelajar dan karyawan swasta.

Atas pelanggaran tersebut, petugas memberikan sanksi tilang dengan barang bukti yang disita, SIM 1.108 keping dan STNK sejumlah 1.224 lembar. Enam unit kendaraan roda dua tidak dilengkapi surat menyurat.

Ridho mengungkapkan, razia yang dilaksanakan selama Ops Zebra Krakatau 2018 fokus pada tiga jalur utama. Yakni Jalinbar di wilayah Kecatan Gedongtataan, Jalinsum di wilayang Tegineneng dan jaulur wisata di Jalan Raya Way Ratai. Pihaknya juga bekerjasama dengan instansi lain.

Seperti yang dilaksanakan Minggu (11/12) kemarin, pihaknya bekerjasama dengan Brigif Marinir. Alhasil selama razia di jalur jalan itu mendapati 202 tilang. Rincinya, SIM sebanyak 127 lembar, dan STNK 75 lembar.

Pelakasanaan razia belangsung dalam keadaan aman, tertib dan kondusif, serta terkendali.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved