Jangan Biarkan Anak Bermain Air Hujan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Jangan biarkan anak bermain air hujan karena dampaknya kurang bagus bagi kesehatannya.

Jangan Biarkan Anak Bermain Air Hujan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan
KHOOBSURATI
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Datangnya musim penghujan menjadi momok tersendiri bagi kaum ibu. Terlebih dalam menjaga kesehatan buah hati yang memiliki daya imun belum sempurna.

Dokter praktek umum di Bandar Lampung Endang Budiati mengatakan, di musim penghujan anak bisa rentan terhadap beberapa penyakit, seperti flu, demam, batuk, dan pilek. Maka dari itu, dibutuhkan daya tahan tubuh yang optimal untuk mencegah penyakit ini.

"Menghadapi musim penghujan asupan gizi anak harus diperhatikan. Terlebih masih usia balita, penting untuk minum susu dan air putih yang cukup," bebernya kepada Tribunlampung.co.id, Selasa (13/11/2018).

Anak juga harus dibiasakan dan dibimbing untuk mencuci tangan dengan benar di waktu-waktu yang tepat. Selain itu menggunakan pakaian hangat juga nyaman serta tidak banyak beraktifitas di luar.

Selanjutnya, sambung dia, jangan biarkan anak bermain air hujan karena dampaknya kurang bagus bagi kesehatannya.

"Suhu air hujan kan tidak sama dengan suhu tubuh anak, sehingga jika anak terpapar hujan akan membuat anak jadi panas, demam, dan flu," jelas dokter Endang.

Kalaupun anak tetap ingin bermain air hujan, biarkan sesekali dan jangan terlalu lama. Perlu diperhatikan juga sebelum melepas anak bermain air hujan, kondisi badan anak harus dalam keadaan fit.

"Terus mengenai anak yang kehujanan ketika pulang sekolah, segera mandikan dengan air hangat. "kata dia.(*)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved