Public Service

Solusi Atasi Bulu Kucing Rontok

Kucing saya bulunya rontok sampai kulitnya terlihat dan seperti bersisik. Itu kenapa ya dok dan bagaimana solusinya?

Solusi Atasi Bulu Kucing Rontok
Kompas.com
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - YTH Dokter Hewan. Kucing saya bulunya rontok sampai kulitnya terlihat dan seperti bersisik. Itu kenapa ya dok dan bagaimana solusinya? Terimakasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6281279543xxx

Vaksinasi Secara Teratur dan Lengkap

Baca: Benarkah Diet Sehat Hanya Makan Buah Saja?

RAMBUT (orang awam sering menyebut bulu) kucing merupakan lapisan terluar dari tubuhnya, yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan lingkungan luar (udara panas, dingin, benda benda lain yang dapat mengganggu kehidupan kucing. Pada kucing yang sehat, mempunyai rambut yang bersih, mengkilat dan tidak mudah rontok.

Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang sangat suka dengan kebersihan, pada saat istirahat, seringkali kucing menjilati tubuhnya sendiri untuk membersihkan diri dari debu, kotoran maupun mengeringkan rambut yang basah yang dikenal sebagai mandi kucing.

Baca: Cara Menangani Mood yang Selalu Berubah-ubah

Sehingga pada umumnya kucing selalu terlihat bersih dan mengkilat
Kehadiran kutu (kutu loncat, kutu penggigit, kutu penghisap darah), dapat menyebabkan rambut kucing maupun anjing menjadi mudah rontok, bahkan tidak jarang merusak lapisan kulitnya sehingga dapat menjadi berkerak menebal.

Kebersihan dan kelembaban yang kurang terjaga menyebabkan kucing mudah terserang jamur, sehingga juga memicu terjadinya kerontokan rambut.

Beberapa penyakit infeksius pada kucing yang mungkin dapat menular ke manusia dengan cara kontak dengan kulit kucing maupun anjing yang terinfeksi antara lain adalah infestasi sebangsa kutu ”scabiesis” atau gudig, “ringworm” atau jamur. Kekurangan vitamin atau mikromineral tertentu dapat menyebabkan rontoknya rambut kucing.

Rambut kucing yang rontok menandakan bahwa kucing sedang dalam masalah, bisa jadi sedang sakit atau terinfeksi penyakit, ataupun adanya gangguan lain. Segera periksakan ke Dokter Hewan praktek, sehingga kucing/anjing anda akan diberikan penanganan sesuai diagnosa yang ditegakkan Dokter Hewan praktek.

Untuk menjaga kesehatan kucing kesayangan anda, vaksinasikan kucing anda secara lengkap dan teratur, meskipun tidak ada keterkaitan secara langsung antara vaksinasi dengan kerontokan rambut.

Sangat disarankan memeriksakan kucing anda secara berkala ke Dokter Hewan praktek meskipun tidak sedang sakit, untuk selalu memastikan kesehatan kucing anda

Drh. Sugeng Dwi Hastono
Amanah Veterinary Services

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved