Tribun Tulangbawang

Bupati Winarti Instruksikan Gotong Royong dengan 3M Cegah Penyebaran DBD

Bupati Tulangbawang Winarti mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat guna mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Bupati Winarti Instruksikan Gotong Royong dengan 3M Cegah Penyebaran DBD
Istimewa
Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH memimpin upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-90 Tahun 2018 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Bupati Tulangbawang Winarti mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat guna mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Caranya, dengan menggalakkan gotong royong membersihkan tempat sampah dan saluran air yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Baca: Truk Tabrak Pohon di Jalinsum Kalianda, Sopir Dilarikan ke RS Alami Luka-luka

Ini dilakukan agar penyakit DBD tidak menyebar menyusul ditemukannya kasus warga di Kecamatan Menggala Timur dan Menggala yang mulai terjangkit DBD.

Winarti mengatakan, penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus.

Baca: BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Lampung Siang Ini Akan Alami Hujan Ringan

"Nyamuk ini biasanya berkembang biak di saluran air yang tidak mengalir. Nah untuk mencegahnya kita mesti rutin menggalakkan kebiasaan 3 M, yakni, Menguras, Menutup, Menimbun agar tidak ada genangan air," terang Winarti, Kamis (15/11).

"Ayo gotong royong membersihkan lingkungan sekitar," sambungnya.

Dengan adanya kasus warga di Tuba yang mulai terjangkit DBD, Winarti menginstruksikan jajarannya khususnya Dinas Kesehatan untuk siaga melakukan pencegahan.

Salah satunya, menurut Winarti, melalui fooging.

"Kemarin (Rabu) Dinkes sudah turun fogging ke wilayah Kecamatan Menggala, Perumnas Griya Menggala (Talang Tembesu). Dan Kamis rencananya akan di fogging wilayah Menggala Timur sekitar kantor Samsat," papar Ketua DPC PDIP Tulangbawang ini.

Halaman
1234
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved