Hati-hati, Ketombe Bisa Sebabkan Bisul di Kulit Kepala

Semua orang pasti tidak mau terkena ketombe, karena selain membuat kulit kepala gatal, ketombe juga bisa mengganggu penampilan.

Hati-hati, Ketombe Bisa Sebabkan Bisul di Kulit Kepala
NDTV Food
Ilustrasi - rambut berketombe 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Semua orang pasti tidak mau terkena ketombe, karena selain membuat kulit kepala gatal, ketombe juga bisa mengganggu penampilan. Untuk itu sebaiknya kenali penyebab ketombe.

Hairstylist sekaligus Owner Intan Salon Wedding and Decoration Bhastian Hendra mengatakan, ketombe merupakan pengelupasan lapisan tanduk dikulit kepala. Faktor penyebab ketombe yang belum banyak diketahui orang sampai sekarang adalah stres dan gizi buruk.

"Ada juga faktor yang saya rasa semua orang juga sudah tahu yakni faktor kimia yang salah satunya adalah salah menggunakan shampo untuk keramas. Selain bisa menyebabkan ketombe, salah menggunakan shampo juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat atau merah-merah di kulit kepala," kata Bhastian.

Faktor yang juga pasti sudah banyak diketahui, adanya sebum atau keringat dan debu yang menempel dikulit kepala. Kebanyakan debu itu didapatkan saat sedang berada diruang terbuka. Bisa juga karena debu dan bakteri yang menyatu kemudian menempel dikulit kepala.

Ketombe ada dua jenis. Ketombe kering yang merupakan pengelupasan lapisan tanduk tanpa diikuti sebum atau lemak. Ada juga ketombe basah yang merupakan pengelupasan lapisan tanduk diikuti dengan sebum atau lemak.

Awal Orang yang terkena ketombe, kulit kepalanya akan merah karena kulit kepala menolak rangsangan zat kimia. Kemudian kulit kepala akan terasa gatal karena proses pengelupasan lapisan tanduk.

Bahkan ada yang sampai gatal tidak tertahankan. Setelah itu baru muncul ketombe.

Dahulu ketombe hanya dialami orang dewasa. Namun sekarang anak-anak juga banyak yang terkena.

Sebab anak-anak sudah menggunakan beragam macam shampo yang dijual dipasaran. Bisa jadi shampo itu tidak cocok. Ada juga anak yang mengalami gizi buruk sehingga timbul ketombe.

Kalau ketombe masih ringan, ketombe hanya muncul pada area tertentu. Kalau ketombe sudah banyak dan terjadi hampir diseluruh kulit kepala disebut sebagai dermatitis.

Kalau ketombe terus dibiarkan lama kelamaan ketombe bisa membuat kerontokan rambut dan membuat bisul muncul di kulit kepala.

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved