Tribun Lampung Selatan

Disdukcapil Usulkan Tambahan Bantuan Alat Biometri

Disdukcapil Lampung Selatan mengusulkan tambahan bantuan alat biometri untuk mempercepat proses penyelesaian tunggakan pencetakan e-KTP.

Disdukcapil Usulkan Tambahan Bantuan Alat Biometri
Tribunlampung/Dedi
kepala Disdukcapil Lampung Selatan Edi Finandi 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Lampung Selatan mengusulkan tambahan bantuan alat biometri untuk mempercepat proses penyelesaian tunggakan pencetakan e-KTP dan juga untuk mendataan perekaman data baru e-KTP.

Kepala Disdukcapil Lampung Selatan, Edi Finandi mengatakan dengan adanya alat tersebut bisa mengatasi persoalan proses pembacaan data saat melakukan perekaman mobile ke desa-desa.

“Sebenarnya setiap kabupaten sudah dibantu 1 unit alat tersebut. Tetapi kita berusaha meminta tambahan 1 unit lagi,” kata dia kepada tribun, minggu (18/11).

Baca: Sat Lantas Polres Lamel Akan Tambah Pos di Jalur Interchange Tol Saat Natal dan Tahun Baru

Lebih lanjut Edi mengatakan, mulai awal tahun 2019 pihaknya akan membentuk 3 tim mobile. Dimana tim ini nantinya akan terjun ke desa-desa dan juga ke sekolah-sekolah.

Baca: Lagi, Aset Zainudin Hasan di Sidomulyo Disita KPK

Ini untuk mempercepat proses pendataan penduduk yang usianya sudah akan menginjak 17 tahun atau lebih pada saat bulan April mendatang. Hal ini terkait dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan juga Pilpres.

“Kita sedang mengejar ini. Karenanya untuk saat ini ada 2 tim. Satu ke desa-desa dan 1 lagi ke sekolah,” terang dirinya.

Baca: Warga Kalianda Dikejutkan Debu Pasir Hitam Diduga dari Anak Gunung Krakatau

Dan saat melakukan proses perekaman data mobile, lanjut Edi, alat biometri tersebut sangat membantu. Karena kerap kali saat melakukan proses perekaman data mobile ada kendala sinyal. Sehingga proses scanning dan perekaman tidak bisa dilakukan.

“Biasanya kan harus ke kantor Disdukcapil. Kan prosesnya jadi panjang dan lebih lama. Kalau dengan ada alat tersebut bisa membantu. Sehingga bisa langsung terselesaikan,” ujar Edi.(dedi/tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved