Tribun Metro

Pemkot Bantu 22 Rumah Tak Layak Huni

Dinas Sosial Kota Metro kembali menganggarkan 22 bantuan untuk Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH) Tahun 2019.

Pemkot Bantu 22 Rumah Tak Layak Huni
ILUSTRASI 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO  - Dinas Sosial Kota Metro kembali menganggarkan 22 bantuan untuk Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH) Tahun 2019.

Plt Kepala Dissos Kota Metro Subehi mengatakan, program RSRTLH tahun 2018 tidak ada. Namun, tahun depan pihaknya kembali menganggarkan untuk 22 masyarakat setempat yang akan dibantu.

Baca: Sopir Truk Keluhkan Dugaan Pungli di Simpang Tiga Metro

"Bisa satu-satu kelurahan, tapi bisa juga satu kelurahan lebih dari satu, yang jelas kami melihat tingkat keparahannya seperti apa. Gini, adil kan tidak harus rata, tapi berdasarkan kebutuhan," ungkapnya, Minggu (18/11).

Ia mencontohkan, wilayah Kelurahan Hadimulyono Barat yang memang banyak kemiskinan atau menjadi kawasan padat penduduk di Kota Metro. Sehingga menjadi wajar apabila mendapat lebih dari satu bantuan.

Baca: Tahun ini Pemkab Lamteng Dapat 673 Unit Bantuan Bedah Rumah

"Jadi ya bukan ego sektoral, itu juga yang harus dimengerti kelurahan. Karena di sana kan banyak banget. Nah, kita juga sudah ajukan proposal bantuan 100 rumah ke pusat, tapi kan kita tidak tahu dapat atau tidak. Kalau yang 22 ini APBD," tukasnya.

Adapun 22 bantuan RSRTLH berupa barang atau material senilai Rp 15 juta per rumah. Dimana syarat penerima harus warga berpenghasilan rendah dan tanah sendiri dengan bukti sertifikat atau akta jual beli.

"Kemudian bangunan semi permanen atau gribik, dan juga dari musyawarah kelurahan. Kami juga mau komunikasikan dengan satker lain, biar terintegrasi. Supaya tidak satu-satu. Ide kami, misal tuntaskan satu, dua, atau tiga kelurahan dulu, baru menyusul yang lain," tuntasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved