Tribun Metro

Minimalisir Penyebaran DBD, Pemkot Diminta Sebarkan Imbauan di Ajang Car Free Day

Komisi II DPRD Metro meminta Wali Kota mengeluarkan surat edaran bersih-bersih kampung, untuk meminimalisir penyebaran DBD

Minimalisir Penyebaran DBD, Pemkot Diminta Sebarkan Imbauan di Ajang Car Free Day
TOTO SIHONO
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti dan DBD 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi II DPRD Metro meminta Wali Kota mengeluarkan surat edaran bersih-bersih kampung, untuk meminimalisir penyebaran DBD menjelang musim hujan.

"Pertama dari pimpinan pemerintah dulu. Baru melibatkan seluruh komponen. Baik dinas, perguruan tinggi, sekolah, warga, agar melakukan gotong royong untuk pemberantasan sarang nyamuk," terang Ridhuwan Sory Maoen Ali, anggota Komisi II, Senin (19/11).

Baca: Pairin dan Djohan Minta Diskes Tanggap Antisipasi DBD

Kegiatan tersebut, bisa disosialisasikan saat Car Free Day atau acara kedinasan dan pemerintahan lainnya, ketika banyak elemen yang hadir. Sehingga pesan yang disampaikan bisa lebih cepat diterima dan efektif.

Baca: Pairin Minta Kepala OPD Kerja Sama dengan PWRI Metro

Pihaknya juga meminta Dinas Kesehatan berperan aktif mengkomodir seluruh puskesmas dan jaringan petugas. Mulai dari posyandu untuk tanggap terhadap DBD. "Kita menjaga jangan sampai Metro masuk kategori KLB (kejadian luar biasa)," tukasnya.

Sekretaris Komisi II Yulianto menambahkan, anggaran Dinas Kesehatan dalam APBD sudah disetujui DPRD, untuk kegiatan promosi. Artinya, dana tersebut bisa digunakan dengan benar untuk sosialisasi DBD.

Namun, ia berharap, sosialisasi tidak hanya mempromosikan program 3M plus atau bersih-bersih dan pemberantasan sarang nyamuk. Tapi juga menjangkau kesehatan masyarakat, agar tak begitu parah jika digigit nyamuk yang menyebabkan DBD.

"Misal Dinas Kesehatan sosialisasi agar warga mengonsumsi makanan yang membuat daya tahan tubuhnya menjadi kuat. Seperti asupan vitamin dan sebagainya. Bukan luarnya saja, tapi dalamnya sekalian," tuntasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved