Tribun Way Kanan

Pelatihan Teknis Dan Diversifikasi Produk Kain Tapis Kampung Bratayudha Way Kanan Resmi Dibuka.

Ketua Dekranasda Kabupaten Way Kanan Hj. Dessy Afriyanti Adipati hadiri Pembukaan Pelatihan Teknis Dan Diversifikasi Produk Kain Tapis di kampung Bra

Pelatihan Teknis Dan Diversifikasi Produk Kain Tapis Kampung Bratayudha Way Kanan Resmi Dibuka.
Istimewa
Ketua Dekranasda Kabupaten Way Kanan Hj. Dessy Afriyanti Adipati membuka Pelatihan Teknis Dan Diversifikasi Produk Kain Tapis pada Senin (9/11) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, Way Kanan - Ketua Dekranasda Kabupaten Way Kanan Hj. Dessy Afriyanti Adipati hadiri Pembukaan Pelatihan Teknis Dan Diversifikasi Produk Kain Tapis  di kampung Bratayudha yang bertempat di Balai Kampung Bratayudha pada Senin (9/11/2018).

Kain tapis merupakan kain tradisional masyarakat Lampung yang biasanya hanya dipergunakan dalam acara-acara adat, dan Awalnya, kain ini hanya diproduksi  oleh ibu – ibu rumah tangga untuk memenuhi keperluan sendiri.

Kini, kain tapis telah diproduksi secara komersial untuk memenuhi kebutuhan lokal, domestik dan bahkan sudah ada yang diekspor. Industri kerajinan kain tapis merupakan salah satu komoditas unggulan yang juga kini  sedang digalakkan di Kabupaten Way Kanan.

Dessy  Adipati menyampaikan meskipun telah menunjukkan hasil-hasil yang menggembirakan dalam pengembangan, akan tetapi masih banyak dijumpai permasalahan yang dihadapi oleh industri kerajinan tapis antara lain, keterbatasan kemampuan dalam pengelolaan usaha,  Keterbatasan dalam permodalan, Kurangnya informasi dan pemasaran, Keterbatasan kepemilikan dan penguasaan teknologi yang digunakan dan  Ketiadaan kelembagaan.

“Namun kendala terbesar untuk meningkatkan taraf ekonomi pengrajin dan pedagang kain tapis di Way Kanan adalah  pemasaran.  Target dan pangsa pasar yang terbatas menjadikan kain tapis cukup sulit dijual dan juga  nilai jual yang cukup mahal, menjadikan hanya sedikit orang yang  berminat untuk membeli kain tapis.” Ungkapnya.

Beliau menyampaikan bahwa untuk mencari solusi terhadap permasalahan dalam pemasaran Kain Tapis maka Diversifikasi Produk merupakan salah satu upaya yang bisa lakukan.  Diversifikasi produk didefinisikan sebagai suatu perluasan pemilihan barang yang dijual oleh produsen dengan jalan menambah produk baru ataupun memperbaiki tipe, warna, mode, ukuran, jenis dari produk yang sudah ada dalam rangka memperoleh laba maksimal.

“Pada kesempatan ini kita akan sama – sama belajar tentang diversifikasi produk kain tapis berupa pembuatan Produk Aksesories. Apa yang kita laksanakan hari ini merupakan upaya untuk mengenalkan  tapis kepada masyarakat luas dan juga dalam rangka untuk melestarikan warisan budaya. Sehingga harapan kedepanya produk tapis dapat dipakai oleh semua kalangan.” Kata Dessy.

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved