Tribun Tulangbawang

Kartu Identitas Anak Tuba Dimulai Akhir 2019

Penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Tulangbawang perlu persiapan dan sosialisasi mendalam kepada masyarakat.

Kartu Identitas Anak Tuba Dimulai Akhir 2019
net
Ilustrasi - Kartu Identitas Anak 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Tulangbawang perlu persiapan dan sosialisasi mendalam kepada masyarakat.

Hal ini untuk mendukung penerapan KIA yang mulai diberlalukan secara nasional oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2019 mendatang.

Tidak hanya kesiapan perangkat, namun juga kesiapan anggaran. Kepala Bidang (Kabid) data kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang, Andi Wantoni mengatakan, penerapan KIA di Tuba dimungkinkan akan berlaku pada akhir 2019.

Baca: Bupati Tulangbawang Hj. Winarti Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulangbawang

Pasalnya, menurut Andi, dilihat dari estimasi anggaran pada RAPBD murni 2019, penerapan KIA di Tuba belum memungkinkan diterapkan pada awal 2019.

"Telah kita program kan pada tahun 2019. Akan tetapi dana kita tidak mencukupi, nanti kita coba programkan lagi pada APBD P 2019," terang Andi kepada Tribun, Senin (19/11).

Baca: Disdukcapil Usulkan Tambahan Bantuan Alat Biometri

Disdukcapil Tuba akan menyosialisasikan lebih dulu kegunaan KIA kepada masyarakat.

Andi pun belum dapat memastikan jumlah kebutuhan blanko KIA di Tuba. "Kita belum tahu estimasinya (kebutuhan blanko KIA)," papar Andi.

Penerapan KIA tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA.

Pemerintah pusat memberlakukannya secara nasional mulai tahun 2019.
Ada banyak manfaat dari kepemilikan KIA. Di antaranya untuk daftar sekolah, buka rekening di bank, pembuatan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan dokumen imigrasi, atau pengurusan administrasi lainnya.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved