VIDEO - Pinjaman Tanpa Bunga di Bank Wakaf Mikro Ponpes Minhadlul Ulum

LKMS yang nantinya dikenal dengan Bank Wakaf Mikro ini adalah yang pertama di Lampung dan yang ke-30 secara nasional.

Laporan Video Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Bertepatan dengan HUT Ke-7 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 November 2018, OJK melakukan soft launching Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Pondok Pesantren Minhadlul Ulum di Tegineneng, Pesawaran.

LKMS yang nantinya dikenal dengan Bank Wakaf Mikro ini adalah yang pertama di Lampung dan yang ke-30 secara nasional.

Pendirian LKMS ini sejalan dengan program pemerintah untuk mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Kepala OJK Provinsi Lampung Indra Krisna mengatakan, hadirnya LKMS ini juga bertujuan untuk mendorong perkembangan perekonomian di tingkat paling bawah yakni di tingkat masyarakat desa.

Baca: VIDEO - OJK Lampung Ajarkan Mahasiswa tentang Financial Technology

Hadirnya Koperasi LKMS Ponpes Minhadlul Ulum ini diharapkan dapat menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal.

"LKMS ini menbantu masyarakat yang memiliki usaha yang feasible namun belum bankable. Di sini kita ingin menumbuhkembangkan dan menaikkelaskan UMKM yang ada di lingkungan sekitar. Apabila usaha mereka sudah besar nantinya, maka akan kita arahkan ke BPR atau BPRS," jelasnya didampingi Kasubbag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Provinsi Lampung Dwi Krisno Yudi Pramono dan Kasubbag Pengawasan Pasar Modal OJK Lampung Milado Pani dalam konferensi pers di kantor OJK Lampung, Rabu, 21 November 2018.

Indra menambahkan, Koperasi LKMS Ponpes Minhadlul Ulum ini nantinya menyalurkan dana kepada masyarakat tanpa bunga dan tanpa biaya administrasi.

Adanya hanya biaya ujrah, fee konsultasi yang dibayarkan secara sukarela dan jumlahnya disepakati oleh masing-masing kelompok nasabah.

Adapun besaran pembiayaan yang disalurkan oleh Koperasi LKMS Ponpes Minhadlul Ulum ini pada tahap awal adalah Rp 1 juta per orang.

Baca: VIDEO – BEI dan OJK Gelar Indonesia Investment Festival di Mal Boemi Kedaton

Halaman
12
Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved